Yuk Keliling Kota Lancang Kuning (Pekanbaru) sesi 2

            Nah sebelumnya kan telah dibahas baru beberapa tempat, yuk sekarang kita lanjut berkelilingnya hehe.

            Sekarang kita ke daerah rumbai yuukk, dimana ada terdapat waterpark dan hotel berbintang lima di Pekanbaru. Siapa sih yang tidak tau tempat ini yaitu dikenal dengan Labersa. Didalamnya terdapat Hotel Labersa, Waterpark Labersa, Lapangan golf Labersa dan masih banyak lainnya.

Image             Kemudian kita akan melanjutkan perjalanan ke daerah siak. Tau gak sih ternyata sungai Siak ini merupakan sungai yang terdalam di Indonesia. Bahkan disungai ini kapal bisa berlayar, aneh yaa kapal bisa berlayar disungai hehe. Didaerah siak ini terdapat Kerajaan Siak Sri Indapura zaman dahulu yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata. Nah untuk menuju ketempat itu kita harus menyebrangi sungai siak terlebih dahulu dengan kapal nelayan. Kerajaan Siak ini merupakan kerajaan terbesar di Riau. Tentunya di Istana ini mempunyai banyak peninggalan khusus berupa benda-benda kerajaaan. Untuk masuk kawasan ini tidak mengeluarkan biaya yang mahal cukup merogeh kocek yang dikenakan tarif Rp 3.000 untuk dewasa, sedangkan anak – anak Rp 2.000, untuk Turis dewasa Rp 10.000 bagi anak – anak Rp 5.000. Dan untuk menjaga kebersihannya setiap pengunjung wajib melepas alas kaki  untuk memasuki setiap ruangan.

            Habis itu kita menuju ke daerah Kampar yuukk, di Kampar ada terdapat peninggalan sejarah daerah Riau yaitu “Candi Muara Takus” terletak di Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Selain Candi Muara Takus ada juga terdapat beberapa candi seperti Candi Mahligai, Candi Tua, Candi Bungsu dan Candi Palangka.

Image           Yang terakhir nih yang masih hangat yaitu PON Riau 2012 yang terletak dikawasan Universitas Riau (UNRI). Pasti pada mikir yaa kok bisa yaa Stadion Utama Riau untuk pelaksanaan PON di dalam kawasan Universitas?? Haha jangan salah Universitas Riau ini memiliki luas ratusan hektar. Dikawasan ini kita bisa jogging dan olahraga seperti sepak bola dan  badminton. Nah kawasan ini termasuk kawasan asri karena banyak terdapat pohon hijau apalagi ketika kita jogging di pagi harii, wah rasanyaaa segaaarr. Kalau dari rumah saya sih hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menuju lapangan PON tersebut. Sangat disayangkan sebenarnya dengan pelaksanaan pembangunan PON yang menghasilkan kekecewaan dikarenakan dana tersebut dikorupsi. Rupanya korupsi sudah merajalela.

Image            Setelah jalan-jalan berkeliling pasti kalian memperhatikan setiap bangunan yang ada di Riau pasti terdapat ukiran Melayu, bagus bukann..?? ini merupakan keindahan dari Pekanbaru dengan melestarikan ukiran melayu dan menjadikan keunikan disetiap bangunannya. Ini ciri khas Bangunan Riau dengan Ukiran Melayu Riau. Baik bangunan instasi, sekolah dan sebagainya selalu dihiasi dengan ukiran melayu.

            Sewaktu tingkat SMA, saya juga pernah mendapat pelajaran mengenai materi kebudayaan melayu dan waktu itu kami disuruh membuat ukiran melayu. Untuk membuat ukiran melayu ini tidak mudah lohh. Berikut hasil ukiran saya yang sederhana bermotif bunga hehe

Image

            Nah sehabis keliling-keliling Pekanbaru, anda harus membeli cendera mata atau oleh-oleh khas dari Pekanbaru yaaa, jangan kelupaan. Hayoo coba tunjuk tangan siapa yang suka dengan durian?? Sebenarnya saya sendiri tidak suka dengan durian namun saya bisa tau rasa durian ini dari cerita orang tua saya, teman-teman saya, dan keluarga saya yang pencinta durian, mereka hanya bilang bahwa “durian di pekanbaru ini top abiiss rasanya, lebih enak dibanding durian dari daerah lain” buat pecinta durian boleh tuh dicoba hehe. Kalau durian olahannya ada Lempok Durian yang cukup enak. Selain itu ada yang suka pedesss gaaa, hayoo acungin tangan??? Nah kripik Balado yang berasal dari padang juga bisa dijadikan oleh-oleh karena rasa pedesnya yang mantaapp tapi jangan sedih dulu untuk yang tidak suka pedes, ada juga kripik balado dengan rasa pedas manis lohh. Yang terakhir yaitu ada Bolu Kemojo yang tidak kalah enaknya dari antara semua bolu. Dan masih banyak jenis oleh-oleh yang bisa kalian bawa dari Pekanbaru.

ImageOkeee keliling Pekanbarunya sampai disini dulu yaaa, semoga bermanfaat, thank youuu

 

Nama   : Tekla Shintauli Lorentina

Npm    : 27211068

Kelas   : 2EB01

Advertisements

Yuk Keliling Kota Lancang Kuning (Pekanbaru)

            Haii semuaa… udah ada yang pernah ke Pekanbaru (Riau) belum…?? Seperti tulisan sebelumnya yang udah saya jelaskan mengenai sejarah Kota Pekanbaru, Gurindam Dua Belas yang khas dari Riau, Permainan yang ada, serta Percakapan Bahasa Melayu. Disini saya akan menjelaskan beberapa tempat yang ada di pekanbaru.

            Saya pindah ke Pekanbaru saat saya akan naik ke kelas 5 SD (Sekolah Dasar), sebelumnya saya tinggal di kelapa Gading, Jakarta Utara. Nama Bandara yang terdapat di Pekanbaru ini yaitu Bandara Sultan Syarif kasim II. Saat saya pindah ke Pekanbaru kebetulan saya naik pesawat terbang, kemudian selama dalam perjalanan menuju rumah baru saya bingung, kalau nyanyian anak kecil seharusnya “naik-naik ke puncak gunung, kiri kanan ku lihat saja banyak pohon cemara” tapi waktu itu saya malah bernyanyi seperti ini “kiri kanan ku lihat saja banyak hutan-hutan, kiri kanan ku lihat saja banyak pohon kelapa sawit” hahaha. Kebetulan waktu itu Pekanbaru belum menjadi kota yang semetropolitan seperti saat ini.

            Seperti yang kita lihat berita di televise saat ini Pekanbaru sedang mengalami kabut asap akibat pembakaran lahan. Sebenarnya hal itu sudah menjadi makanan disetiap tahun oleh masyarakat Pekanbaru. Bahkan waktu itu sekolah pernah diliburkan dikarenakan kabut asap yang membahayakan pernapasan dan jarak pandang yang sangat berbahaya untuk para pengendara kendaraan.

            Haha itu sekilas sedikit saja, nah kalian tahu ga sihh mayoritas agama di Pekanbaru?? Yang paling mayoritas yaitu agama Islam selain itu ada agama Katolik, Kristen, Budha, Hindu dan Konghucu ditempat ini. Dan suku yang paling mayoritas yaitu suku Minangkabau.

            Di Pekanbaru ga ada yang ga kenal dengan Lapangan MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) itu apa?? Lapangan MTQ ini awalnya merupakan tempat perlombaan untuk umat islam seperti lomba Al-Quran dan sebagainya namun saat ini perlombaan tersebut kadang tidak dipusatkan disitu saja sehingga Lapangan MTQ ini merupakan tempat umum, dimana sering dilakukan Pergelaran baik Riau Expo, konser-konser para penyanyi, bahkan tempat jogging dan fasilitas olah raga juga ada loh disini, bahkan puncak pergantian malam tahun baru semua acara dilakukan dilapangan MTQ, pokoknya tempat anak nongkrong deh. Di dalam lapangan MTQ ini ada satu ikon budaya di Kota Pekanbaru, merupakan bangunan dengan arsitektur tradisional yang menggunakan nama seorang seniman Riau, yaitu Gedung Idrus Tintin dimana kawasan ini dahulunya merupakan tempat penyelenggaraan MTQ.

            Kalau setiap malam minggu daerah MTQ ini dijadikan tempat nongkrong dan jalanan bakal padat didaerah ini dan bisa dibilang macet begitu. Kalau malam minggu nih sekitaran pinggiran jalan banyak yang jual jagung bakar, makanan, dan lain-lain.

            Nah dekat daerah sini ada terdapat sebuah gedung megah yang berwarna kuning yang dikenal sebagai gedung PGRI. Fungsi dari gedung tersebut nanti diharapkan akan berjalan sesuai dengan kebutuhan dan berdaya guna bagi PGRI ke depan.

            Setiap daerah pasti mempunyai sejarah, di Pekanbaru  ada terdapat Gedung Juang 45 yang merupakan museum perjuangan, terletak di jalan jenderal sudirman no. 26 dan tidak jauh dari bandara Sultan Syarif Kasim II. Di tempat ini kita bisa menikmati berbagai benda bersejarah dan cerita – cerita perjuangan masa lalu. Namun saat ini gedung tersebut telah dijadikan sebagai gedung serba guna.

            Kemudian kita bakal lewat gedung olahraga yang mewah yaitu gedung  Gelanggang Remaja Pekanbaru. Gedung ini dipakai untuk pertandingan olahraga, yang paling hebohnya yaitu pertandingan DBL.

            Habis dari tempat-tempat tersebut kita rekreasi dulu yuukk ke Alam Mayang di jalan Imam Munandar (harapan raya). Disini kita bisa merasakan kesejukan dengan suasana tamannya, jangan salah loh Alam Mayang ini memiliki luas yang lumayan sekitar berapa hektar gitu. Tempat ini juga merupakan tempat wisata keluarga, selain itu juga bisa mengusir stress. Fasilitas yang ada di Alam Mayang ini antara lain kolam pancing, danau dengan sepeda air, Banana boat, safary train, flying fox, trek sepeda, mandi bola, bombom car, topeng monyet, balon loncat, beragam atraksi dan banyak lagi deh. Hmm.. jangan ragu untuk masuk, biaya masuknya terbilang murah loh yaitu sekitar Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Dibuka setiap hari mulai jam 07.00-17.00 WIB.

Image             Kalau ada bangunan tinggi yang terdapat di Jalan Sudirman, Kota pekanbaru itu namanya Perpustakaan Soeman HS atau sering dikenal dengan sebutan PUSWIL (Pustaka Wilayah). Disini pusat perpustakaan di Pekanbaru, kadang kalau saya dan teman-teman mendapat tugas dari sekolah kami pergi mencari bukunya di Puswil ini. Eitsss jangan salah loh di Puswil ini unik kadang bule berfoto disini karena dinding-dinding puswil diluar ini banyak terdapat kisah, sejarah dan ukiran – ukiran melayu yang bagus, dan didalam puswil ini kita bisa menemukan buku jenis apa aja ada yang buku pelajaran, novel, sejarah pekanbaru, buku ukiran melayu, arsip dan dokumentasi pekanbaru dan lain-lain, kemudian ada fasilitas wifi, AC, dan lain-lain.

            Selain terdapat Puswil, di jalan sudirman juga ada terdapat gedung Taman Budaya Riau, Gedung ini berfungsi sebagai tempat untuk pagelaran berbagai kegiatan budaya dan seni Melayu Riau dan kegiatan lainnya. Disamping gedung ini terdapat Museum Sang Nila Utama merupakan museum daerah Riau yang memiliki berbagai koleksi benda bersejarah, seni dan budaya.  Museum ini menyandang nama seorang tokoh legenda dalam Sulalatus Salatin, pendiri Singapura.

Image            Di Pekanbaru ada mesjid yang termegah yang terletak hampir dipusat kota sekitar jalan Hang Tuah yang mempunyai fasilitas lengkap sebagai Islamic Centre serta dilengkapi pula taman yang indah dan luas yaitu Mesjid Agung An-Nur. Disini tersedia fasilitas hot spot atau wifi gratis sepuasnya serta mempunyai halaman parkir yang luas. Nah tadi saya sebutkan Lapangan MTQ juga tempat jogging dan berolahraga, begitu juga di halaman Mesjid An-Nur karena halaman mesjid ini merupakan lapangan luas dan sore harinya akan ramai dikunjungi masyarakat untuk berolahrga dan bersantai bahkan hunting foto.

            Sedangkan untuk Non Islamnya seperti Katolik yang mempunyai gereja yang megah yang dikenal dengan Gereja Santa Maria disini merupakan pusat rohani untuk umat Katolik. Selain itu komunitas TiongHoa yang saat menyelenggarakan perayaan Tahun Baru Imlek yang ditutup dengan perayaan Cap Goh Meh yang biasanya dipusatkan di Vihara Dharma Loka atau Vihara Tridharma Dewi Sakti.

ImageKeliling Pekanbarunya akan kita lanjutkan disesi berikutnya yaaa, wait meee okee…

Nama   : Tekla Shintauli Lorentina

Npm    : 27211068

Kelas   : 2EB01

Percakapan Bahasa melayu

             Hmm… mempelajari kebudayaan dari daerah lain ga salah loh. Kalau bahasa Inggris yang menjadi pelajaran umum kita baik disekolah, diperkuliahan dan dimana pun, maka kita juga harus tau dong kebudayaan Indonesia sendiri. Mempelajari kebudayaan Indonesia itu indah loh teman, karena kita mempunyai macam-macam bahasa daerah yang kemudian ditetapkan untuk bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia. Nah disini saya akan memberitahu sedikit contoh percakapan bahasa Melayu yang waktu itu juga merupakan tugas disekolah pada saat tingkat SMP (Sekolah Menengah pertama) bersama teman saya OJI, waktu itu kami membahas mengenai cara merangkai hiasan dinding. Berikut percakapannya

 

OJI         : Siang, TEKLA…..

TEKLA   : Siang juge oji, sinilah dika tuh ndak bercakap La dulu kite ni

 

OJI         : Ndak bercakap ape ?

TEKLA   : Ji, Saye ndak bertanye nih ape dika tau care merangke hiasan

                          dinding ?

OJI         : Iye, saye tahu tapi hiasan dinding terbuat dari ape ?

 

TEKLA   : Hiasan dinding dari kain perce.

OJI        : Memangnye dika nak bertanye ape ?

 

TEKLA   : Sebenarnye ape tuh kain perce  ?

OJI        : Kain perce tu sise-sise guntingan kain, tekla.

 

TEKLA   : Ape gunenya tu ?

OJI        : Kegunaannye bise di bentuk berbage macem kerajinan tangan.

 

TEKLA   : Dimane kite bise mendapatkan kain perce tu ?

OJI        : Dari tukang jahit, ade tu Tekla.

 

TEKLA   : Ape sulit mendapatkan kain perce tu ?

OJI        : Tak begitu sulit la.

 

TEKLA   : Berape duit yang kite bayar tuk mendapatkan kain perce ?

OJI        : tak perlu biaye karena kain tu sudah tak bergune Lagi.

 

TEKLA   : Darimane kite bise mengenal care mempergunakan kain perce ?

OJI         : ye.., membace buku yang menerangkan bermacam care                        membuat kerajinan tangan.

 

TEKLA   : Siape aje yang bise menggunaken kain perce ?

OJI         : Tuk semue orang yang hendak berkepandaian.

 

TEKLA   : Tuk itu, ape aje alat-alat nye tuh ?

OJI        : Alatnye ye.. benang jahit, jarum, gunting, dan pensil.

 

TEKLA   : Bahan-bahan ape aje yang dipergunaken ?

OJI        : Bahannye kertas gambar, kain teteron polos yang ukurannye kire-kire    30 x  40 cm dan kain perce bermacem warne.

 

TEKLA   : Bagaimane care membuat hiasan tersebut ?

OJI        : Pertame, kite membentuk pole gambarnye dulu.

 

TEKLA   : Supaye gambarnya elok darimane kite ambil contohnya ?

OJI        : Dari majalah lalu dipotong tuk dijadikan pole.

 

TEKLA   : Dimane ditempelkan pole yang dah dibuat ?

OJI        : Ditempel pade kain perce tu.

 

TEKLA   : Setelah kain perce tu dipotong dimane dilekatkan ?

OJI        : Di lekatkan pade kain teteron yang sudah ade.

 

TEKLA   : Setelah tu ape lagi yang di kerjakan ?

OJI        : Lalu jahit pinggiran kain perce tu dengan  benang jarum.

 

TEKLA   : Kepandaian ape yang digunaken tuk membentuk hiasan dinding tu ?

OJI        : Cume kite tu harus teliti dan sabar.

 

TEKLA   : Lalu ape yang di buat tuk memberi nilai hasil karye tu ?

OJI        : ye, kite masukkan ke dalam bingkai berkace.

 

TEKLA   : Bise kite dapatkan duit dari hasil karye tu ?

OJI        : Bise lah Tekla, kan bisa kite jual.

 

TEKLA   : Tuk itu, terima kasih karne dika tu mau memberi tau saye care membuat hiasan dinding.

OJI        : Same-same. 

 

Nama   : Tekla Shintauli Lorentina

Npm    : 27211068

Kelas   : 2EB01

Permainan Lu Lu Cina Buta

            Saya kelahiran Jakarta, namun karena waktu itu ada pindahan tugas orang tua ke Pekanbaru maka kami sekeluarga pindah kesana. Kami pindah saat saya akan naik ke kelas 5 SD. Namanya juga masih anak SD pasti suka main kan, nah waktu itu ada salah satu permainan yang saya ingat karena nyanyiannya yang lucu yaitu namanya permainan “Lu Lu Cina Buta”.

            Lu Lu Cina Buta adalah permainan rakyat yang masih selalu dimainkan oleh anak-anak kecil di Tembilahan, Indragiri Hilir. Permainan ini bagi masyarakat pendukungnya adalah semata-mata merupakan permainan penyalur kreativitas anak-anak untuk mengisi waktu senggang, permainan itu dimainkan sebagai hiburan pelepas lelah saja, terlepas dari ikatan suatu peristiwa sosial tertentu. Tidak pula menjadi tuntutan adat istiadat yang berlaku didaerah itu. Permainan ini selain dari mengasyikan para pelakunya, dapat pula menghibur para pelakunya yang juga terdiri dari anak-anak dibawah umur.

            Yang mengasyikan para penonton ketika menyaksikan permainan Lu Lu Cina Buta adalah para penonton bisa berkomunikasi dengan para pelakunya saat mereka sedang menyanyikan lagu permainan tersebut.

            Adapun peralatan yang digunakan adalah sehelai sapu tangan yang akan digunakan untuk menyimpal mata bagi yang menjadi Cina Buta. Sedangkan tempat bermain Lu Lu Cina Buta bisa di rumah ataupun tanah lapang. Permainan ini bisa dilakukan oleh anak laki-laki maupun anak perempuan atau bisa dimainkan secara bersama. Jumlah pemainnya sekitar 10-30 orang. Tapi waktu itu saya lebih sering bermainnya dengan jumlah 10 orang.

            Dalam permainan ini biasanya diiringi dengan lagu Lu Lu Cina Buta, dinyanyikan tanpa musik pengiring. Adapun bunyi Lagu Lu Lu Cina Buta, seperti berikut :

Lu Lu Cina Buta

Lu banyak tai mata

Lu berjalan teraba-raba

Lala terantuk janda tua

            Dalam nyanyian diatas, kata janda bisa ditukar-tukar menjadi Nyonya, Kuda, dan sebagainya.

            Aturan-aturan dalam permainan ini cenderung sederhana dan mudah untuk dimengerti dan pada cara bermain juga sama halnya. Namun, dalam permainan ini yang dibutuhkan hanya kekutatan feeling yaitu menebak. Adapun aturan bermainnya yaitu :

  1. Semua pemain harus ikut bernyanyi, kecuali yang menjadi Cina Buta. Yang tak mau ikut bernyanyi, maka ia dihukum menjadi Cina Buta. Maka berlakulah seperti (kembali ke cara nomor 2, 3, dan 4)
  2. Permainan tidak boleh keluar lingkaran ataupun menghindari diri dari rabaan Cina Buta. Barang siapa melanggar peraturan tersebut, maka dihukum menjadi Cina Buta, dan berlaku pula seperti (kembali ke permainan no 2, 3 dan 4)
  3. Cina Buta hanya boleh meraba-raba wajah, bahu, dan rambut pemain. Dilarang meraba-raba tempat lain terutama dibagian bawah. Jika melanggar, perekaannya batal, dan kembali menjadi Cina Buta. Permaian diulang lagi seperti (kembali ke permainan nomor 2, 3 dan 4)
  4. Pemain boleh mengatakan ”up” bila hanya ada keperluan mendadak mau keluar lingkaran, seperti akan pipis atau akan buang hajat, dan sebagainya.
  5. Bila sekitarnya sampai 3 kali putar si Cina Buta gagal menebak, maka permainan diulang seluruhnya dari suit, kemudian main lagi.

            Nah setelah tahu aturannya, yuk gimana cara bermainnya ?? ini diaaa :

  1. Di lakukan undian terlebih dahulu untuk mencari pelaku Cina Butanya, biasanya undian dilakukan dengan cara suit. Suit antara dua orang kemudian yang kalah terus suit lagi dengan yang berikutnya, berturut-turut hingga tinggal seorang yang kalah saja untuk menjadi Cina Butanya.
  2. Yang kalah menjadi Cina Buta, mukanya di tutup dengan sapu tangan. Kemudian berdiri ditengah-tengah para pemain dalam keadaan mata tersimpul.
  3. Yang menang beramai-ramai membuat lingkaran dengan cara berpegangan tangan membuat jalan keliling sambil melingkar.
  4. Sambil melingkar berkeliling, menyanyi bersama-sama Lu Lu Cina Buta.
  5. Selesai menyanyi, pemain duduk mencangkung dalam posisi menghadap pusat lingkaran.
  6. Setelah pemain selesai bernyanyi, Cina Buta berjalan meraba-raba para pemain, dan menerka nama si pemain tersebut.
  7. Bila terkaannya tepat, maka yang diterka menjadi Cina Buta, lalu permainan baru pula dimulai seperti (kembali ke no. 2 dan 3 diatas).
  8. Bila terkaannya meleset, maka ia terus menjadi Cina Buta dan permainan diteruskan. Mulai seperti (kembali ke no. 2 dan 3 diatas)
  9. Permainan dilakukan terus menerus berulang kali, hingga kira-kira 30 s/d 45 menit bubar.

           Permaianan Lu Lu Cina Buta diselenggarakan oleh anak-anak dari segala tingkat sosial masyarakat dengan tidak membeda-bedakan, apakah mereka anak orang kaya, ataukah anak orang miskin, anak turunan bangsawan atau anak orang kebanyakan, semuanya dipandang sama saja. Mereka bermain dalam satu kesatuan hakekat. Yakni bermain bersama-sama untuk menghibur diri dan bergembira bersama-sama pula. Itulah arti makna yang bisa kita petik dari permainan ini.

 

Nama   : Tekla Shintauli Lorentina

Npm    : 27211068

Kelas   : 2EB01

 

Pesta Meriah Ulang Tahun Jakarta 2013

            Hmm siapa sih yang tidak kenal JAKARTA..?? Jakarta yang merupakan Ibu Kota Negara Indonesia. Selain itu disini merupakan pusat Pemerintahan Indonesia dan termasuk kota metropolitan.

Jakarta memiliki banyak tempat wisata diantaranya :

  1. Kota Tua yang merupakan tempat bersejarah penting bagi Jakarta, disana kita bisa melihat berbagai peninggalan sejarah
  2. Berbagai macam Museum diantaranya Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Indonesia, Museum Transportasi dan masih banyak lainnya
  3. TMII (Taman Mini Indonesia Indah) dengan berbagai replika adat yang terdapat ditempat ini
  4. Ragunan, berbagai macam jenis binatang ada disini. 
  5. Taman Impian jaya Ancol dan dufan
  6. Monument nasional Jakarta yang terkenal yaitu Monumen Pancasila, dimana dipuncak tugu monas ini yang dilapisi lembaran emas
  7. Dan masih banyak lainnya tempat wisata di Jakarta

Image             Hmm… hayoo kalau soal makanan apa yang kalian suka?? Nih makanan yang paling terkenal dari Jakarta yaitu Kerak telor, Soto Betawai, Kue Ape, Roti Buaya, Combro, Nasi Uduk, Ketoprak, Gado-Gado. Kalau aku sih suka semuanya soalnya enak dan makanan itu jarang ada di daerah lain.

            Dan ciri khas apa yang kalian tau yang dipunya Jakarta dan tidak ada di daerah lain ciri-cirinya badannya besar, tinggi, dan digerakkan oleh beberapa orang karena badannya berat, dan kadang bisa membuat anak kecil menangis ketakutan karena badannya yang besar. Siapa lagi kalau bukan Ondel-Ondel betawi.

Image            Kemarin tanggal 22 Juni, Jakarta merayakan Hari Ulang Tahun yang ke-486. Perayaan tahun ini dirayakan di Kawasan Tugu Monas dengan dihiasi berbagai ornamen betawi dan ada juga ondel-ondel. Selain itu diadakannya beberapa kegiatan seperti PRJ (Pekan Raya Jakarta), Jakarta Great Sale, Jakarta Night Festival (car free night) dan lain-lain. Dimana Gubernur DKI Jakarta ingin perayaan ulang tahun ini sebagai pesta rakyat. Pada tanggal 22 Juni kemarin, anda juga bisa berkeliling Jakarta dengan menggunakan Bus TransJ yang gratis hanya khusus dihari itu.

            Disamping itu, banyak harapan yang diinginkan pada ulang tahun Jakarta yang ke-486 untuk menjadi lebih bagus. Sampai saat ini masalah yang dihadapi Ibu Kota Jakarta yang tidak kunjung selesai yaitu masalah kemacetan, banjir, kemiskinan, kriminalitas dan lainnya. Semoga dengan ulang tahun yang ke-486 ini, Gubernur DKI Jakarta mampu memperbaiki permasalahan di Jakarta pelan-pelan sehingga bisa menjadi Jakarta yang lebih bagus, yang asri dan polusi berkurang serta tercipta keamanan, kenyamanan dan kesejahteraan di Jakarta.

 

Nama   : Tekla Shintauli Lorentina

Npm    : 27211068

Kelas   : 2EB01

Kereta Api

Image            Untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, kita memerlukan alat transportasi untuk menghubungkan kepentingan antara satu tempat dengan tempat-tempat lainnya baik daerah yang dekat maupun yang jauh. Selain itu alat transportasi berguna untuk memperlancar roda perekonomian, mempererat persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka meningkatkan ketahanan nasional. Alat transportasi dibagi menjadi tiga baik darat, laut maupun diudara. Disini saya akan membahas transportasi yang ada didarat salah satunya kereta apiyang paling diminati.

            Kereta api adalah sarana transportasi darat yang terdiri dari lokomotif (kendaraan dengan tenaga gerak yang berjalan sendiri) dan rangkaian kereta atau gerbong (dirangkaikan dengan kendaraan lainnya) yang bergerak di rel. Dengan demikian kereta api hanya dapat bergerak/berjalan pada lintasan atau jaringan rel yang sesuai dengan peruntukannya. Rangkaian kereta api atau gerbong tersebut berukuran relatif luas sehingga mampu memuat penumpang maupun barang dalam skala besar.

            Kereta Api dipilih sebagian masyarakat karena kita bisa sampai tujuan tanpa terkena macet seperti kalau kita pergi dengan bus atau angkot. Namun tariff untuk naik kereta Api terbilang mahal daripada berpergian dengan bus atau angkot karena baik untuk perjalanan yang jauh maupun yang dekat dikenakan tariff yang sama.

            Kereta api memiliki jalan khusus seperti  kendaraan lainnya baik berupa kendaraan pribadi  maupun kendaraan umum memiliki fasilitas jalan tersendiri yang sering kita sebut sebagai jalan umum. Oleh karena itu usaha perkeretaapian perlu dikembangkan baik sarana maupun prasarana untuk mewujudkan transportasi darat yang baik, aman, nyaman dan lancar.

            Meski mempunyai jalan perlintasan tersendiri pada kenyataannya banyak pintu perlintasan kereta api yang terjadi kecelakaan berupa benturan antara kereta api dengan pengguna jalan umum yang akibatnya banyak jatuh korban dan timbul kerugian, baik bagi pihak pengguna jalan umum maupun pihak kereta api. Sebagian besar terjadi karena kelalaian penjaga pintu perlintasan dan keberadaan palang pintu perlintasan

            Berbagai macam kecelakaan yang sering terjadi dikereta api diantaranya yaitu kecopetan, pelecehan terhadap wanita, serta kaki penumpang yang kejepit pada saat turun dari kereta api. Namun berbagai macam kecelakaan tersebut lebih sering terjadi dikereta ekonomi. Ada baiknya PT. KAI juga memperhatikan keselamatan para penumpang dikereta ekonomi juga. Mulai dari masyarakat yang duduk diatas kereta api, para pedagang yang berjualan didalam kereta api dengan membawa dorongan dagangan mereka yang membuat sempit didalam gerbong hingga hal-hal lainnya mengenai keselamatan penumpang.

Berikut saya akan menceritakan kejadian yang pernah saya liat secara langsung.

            Kereta api berhenti disetiap stasiunnya hanya memiliki waktu beberapa menit sehingga untuk turun penumpang harus berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Hari rabu kemarin tanggal 15 mei, kebetulan saya lagi naik kereta api ekonomi, waktu itu kereta berhenti distasiun juanda, kereta berhenti hanya sebentar, dengan paniknya ketika kereta sudah mau jalan, saya dan temen-temen buru-buru turun dari kereta, namun saat turun kami semua mendengar “ada yang jatuh, ada yang jatuh”, kami juga bingung apa yang jatuh sementara kereta sudah berjalan pelan dan akhirnya kami turun dengan selamat. Setelah turun ada sekumpulan orang yang bergerombol tepat dibagian ujung kereta pada saat pemberhentian, dan kami semua mendengar ada jeritan teriakan dan tangisan dari seseorang, sementara itu kami bingung apa sedang terjadi apalagi tadi pada saat turun dari kereta ada yang bilang “ada yang jatuh”. Katanya ada anak kecil yang jatuh digerbong paling terakhir, kami tidak tau bagaimana ceritanya anak kecil tersebut jatuh, entah pada saat mau naik ke kereta atau pada saat turun. Yang kami lihat pada saat kereta sudah jalan ternyata anak kecil tersebut ikut terseret dengan kereta api tersebut, anak kecil tersebut memegang sesuatu digerbong bagian belakang kereta api sehingga badannya ikut terseret dan kadang melayang atau terplanting dibebatuan yang ada direl. Kami tidak tau bagaimana nasib anak tersebut, semoga masinis kereta apinya sadar akan hal itu sehingga anak kecil tersebut bisa terselamatkan.

            Itulah contoh dari beberapa kasus kecelakaan dari kereta api. Baik untuk kereta ekonomi dan kereta commuter line, PT. KAI harus lebih memperhatikan keselamatan penumpang agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Meskipun tarif diantara kedua nya memiliki perbedaan harga yang jauh, tapi karena fasilitas kereta api tersebut milik PT. KAI sebaiknya diperhatikan keselamatan tanpa memandang harga yang murah dan yang mahal.

            Selain itu, untuk pihak masinis ada baiknya saat pemberhentian untuk menurunkan atau menaikkan penumpang melihat dulu apakah semuanya sudah siap sehingga tidak terjadi kecelakaan seperti yang diatas. Untuk para penumpang lebih berhati-hati untuk menjaga keselamatan diri pada saat naik atau pada saat turun serta barang-barang bawaannya. Untuk pihak Kereta Api harus lebih memperhatikan keselamatan penumpang maupun yang ada diperlintasan, lebih memperhatikan kelancaran, kenyamanan dan keselamatan berlalu lintas sesuai harapan dengan berbagai pihak.

Nama   : Tekla Shintauli Lorentina

Npm    : 27211068

Kelas   : 2EB01