Masuk Universitas Baru

            Pendidikan Indonesia saat ini memang sedang mengalami krisis karena sistemnya yang rumit dan membingungkan. Kalau saya menilai proses masuk universitas saat ini dinilai kurang bagus karena bisa terjadinya kecurangan. Apalagi saat ini masuk universitas melalu sistem SNMPTN undangan, semua siswa diwajibkan ikut mendaftar untuk pilihan universitas yang mereka inginkan dengan menggunakan nilai rapor. Nah dari sini saja mungkin ada sekolah yang tidak ketahuan karena mentarifkan para siswanya jika ingin cuci rapor demi untuk masuk universitas yang mereka inginkan.

            Persentase untuk SNMPTN undangan ini lebih besar daripada jalur SBMPTN dan ada kemungkinan jalur mandiri diberbagai universitas akan dihapuskan. Oleh sebab itu banyak siswa yang menaruh harapan untuk SNMPTN undangan tersebut karena jika tidak dapat negeri mau tidak mau mereka harus mendaftar pada universitas swasta. Namun jangan sedih loh adik-adik karena banyak universitas swasta yang tidak kalah bagusnya dengan universitas dinegeri.

            Saya juga pernah mangalami kegalauan masuk universitas seperti adik-adik sekalian. Sudah ikut tes sana sini tapi ga lulus huhuhu. Ingat ya adik-adik kalau kalian ga masuk di universitas yang satu itu tandanya Tuhan punya rencana lain yang lebih bagus untuk adik-adik sekalian. Intinya jangan pernah menyerah yaa, rezeki itu Tuhan yang atur.

            Jadi orang sukses bukan hanya dari universitas negeri saja tapi dari universitas swasta juga bisa, kan yang menentukan kesuksesan itu ya diri kita sendiri. Nah caranya kalian harus pintar-pintar pilih universitas, sebelum kalian mendaftar ada baiknya mencari informasi universitas tersebut, lihat jurusan apa yang akan kalian pilih kemudian lihat akreditasi jurusannya. Kalau bisa pilihlah universitas yang sudah dikenal dan memiliki akreditasi A.

            Adik-adik harus punya niat dulu untuk masuk perguruan tinggi agar nanti kalau sudah lulus tes kalian tahu harus melakukan apa. Nah kalian harus masuk jurusan sesuai dengan yang kalian cita-citakan bukan karena paksaan orang tua. Hal itu ga bagus lohh kalau masuknya karena paksaan orang tua ntar yang ada kalian malah gagal dan nyesel diakhir lagi.

            Setelah kalian masuk perguruan tinggi mungkin diantara kalian ada yang syok dengan sistem pengajarannya. Oleh sebab itu adik-adik sekalian harus merubah sistem belajar kalian ketika duduk di SMA dengan sesudah masuk perguruan tinggi. Hayooo pada semangat yaaa, karena akhir dari perguruan tinggi ini adalah untuk mencapai cita-cita kalian dan membanggakan orang tua kalian!

 

Nama   : Tekla Shintauli Lorentina

Npm    : 27211068

Kelas   : 2EB01

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s