Yuk Keliling Kota Lancang Kuning (Pekanbaru) sesi 2

            Nah sebelumnya kan telah dibahas baru beberapa tempat, yuk sekarang kita lanjut berkelilingnya hehe.

            Sekarang kita ke daerah rumbai yuukk, dimana ada terdapat waterpark dan hotel berbintang lima di Pekanbaru. Siapa sih yang tidak tau tempat ini yaitu dikenal dengan Labersa. Didalamnya terdapat Hotel Labersa, Waterpark Labersa, Lapangan golf Labersa dan masih banyak lainnya.

Image             Kemudian kita akan melanjutkan perjalanan ke daerah siak. Tau gak sih ternyata sungai Siak ini merupakan sungai yang terdalam di Indonesia. Bahkan disungai ini kapal bisa berlayar, aneh yaa kapal bisa berlayar disungai hehe. Didaerah siak ini terdapat Kerajaan Siak Sri Indapura zaman dahulu yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata. Nah untuk menuju ketempat itu kita harus menyebrangi sungai siak terlebih dahulu dengan kapal nelayan. Kerajaan Siak ini merupakan kerajaan terbesar di Riau. Tentunya di Istana ini mempunyai banyak peninggalan khusus berupa benda-benda kerajaaan. Untuk masuk kawasan ini tidak mengeluarkan biaya yang mahal cukup merogeh kocek yang dikenakan tarif Rp 3.000 untuk dewasa, sedangkan anak – anak Rp 2.000, untuk Turis dewasa Rp 10.000 bagi anak – anak Rp 5.000. Dan untuk menjaga kebersihannya setiap pengunjung wajib melepas alas kaki  untuk memasuki setiap ruangan.

            Habis itu kita menuju ke daerah Kampar yuukk, di Kampar ada terdapat peninggalan sejarah daerah Riau yaitu “Candi Muara Takus” terletak di Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Selain Candi Muara Takus ada juga terdapat beberapa candi seperti Candi Mahligai, Candi Tua, Candi Bungsu dan Candi Palangka.

Image           Yang terakhir nih yang masih hangat yaitu PON Riau 2012 yang terletak dikawasan Universitas Riau (UNRI). Pasti pada mikir yaa kok bisa yaa Stadion Utama Riau untuk pelaksanaan PON di dalam kawasan Universitas?? Haha jangan salah Universitas Riau ini memiliki luas ratusan hektar. Dikawasan ini kita bisa jogging dan olahraga seperti sepak bola dan  badminton. Nah kawasan ini termasuk kawasan asri karena banyak terdapat pohon hijau apalagi ketika kita jogging di pagi harii, wah rasanyaaa segaaarr. Kalau dari rumah saya sih hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menuju lapangan PON tersebut. Sangat disayangkan sebenarnya dengan pelaksanaan pembangunan PON yang menghasilkan kekecewaan dikarenakan dana tersebut dikorupsi. Rupanya korupsi sudah merajalela.

Image            Setelah jalan-jalan berkeliling pasti kalian memperhatikan setiap bangunan yang ada di Riau pasti terdapat ukiran Melayu, bagus bukann..?? ini merupakan keindahan dari Pekanbaru dengan melestarikan ukiran melayu dan menjadikan keunikan disetiap bangunannya. Ini ciri khas Bangunan Riau dengan Ukiran Melayu Riau. Baik bangunan instasi, sekolah dan sebagainya selalu dihiasi dengan ukiran melayu.

            Sewaktu tingkat SMA, saya juga pernah mendapat pelajaran mengenai materi kebudayaan melayu dan waktu itu kami disuruh membuat ukiran melayu. Untuk membuat ukiran melayu ini tidak mudah lohh. Berikut hasil ukiran saya yang sederhana bermotif bunga hehe

Image

            Nah sehabis keliling-keliling Pekanbaru, anda harus membeli cendera mata atau oleh-oleh khas dari Pekanbaru yaaa, jangan kelupaan. Hayoo coba tunjuk tangan siapa yang suka dengan durian?? Sebenarnya saya sendiri tidak suka dengan durian namun saya bisa tau rasa durian ini dari cerita orang tua saya, teman-teman saya, dan keluarga saya yang pencinta durian, mereka hanya bilang bahwa “durian di pekanbaru ini top abiiss rasanya, lebih enak dibanding durian dari daerah lain” buat pecinta durian boleh tuh dicoba hehe. Kalau durian olahannya ada Lempok Durian yang cukup enak. Selain itu ada yang suka pedesss gaaa, hayoo acungin tangan??? Nah kripik Balado yang berasal dari padang juga bisa dijadikan oleh-oleh karena rasa pedesnya yang mantaapp tapi jangan sedih dulu untuk yang tidak suka pedes, ada juga kripik balado dengan rasa pedas manis lohh. Yang terakhir yaitu ada Bolu Kemojo yang tidak kalah enaknya dari antara semua bolu. Dan masih banyak jenis oleh-oleh yang bisa kalian bawa dari Pekanbaru.

ImageOkeee keliling Pekanbarunya sampai disini dulu yaaa, semoga bermanfaat, thank youuu

 

Nama   : Tekla Shintauli Lorentina

Npm    : 27211068

Kelas   : 2EB01

One thought on “Yuk Keliling Kota Lancang Kuning (Pekanbaru) sesi 2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s