Percakapan Bahasa melayu

             Hmm… mempelajari kebudayaan dari daerah lain ga salah loh. Kalau bahasa Inggris yang menjadi pelajaran umum kita baik disekolah, diperkuliahan dan dimana pun, maka kita juga harus tau dong kebudayaan Indonesia sendiri. Mempelajari kebudayaan Indonesia itu indah loh teman, karena kita mempunyai macam-macam bahasa daerah yang kemudian ditetapkan untuk bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia. Nah disini saya akan memberitahu sedikit contoh percakapan bahasa Melayu yang waktu itu juga merupakan tugas disekolah pada saat tingkat SMP (Sekolah Menengah pertama) bersama teman saya OJI, waktu itu kami membahas mengenai cara merangkai hiasan dinding. Berikut percakapannya

 

OJI         : Siang, TEKLA…..

TEKLA   : Siang juge oji, sinilah dika tuh ndak bercakap La dulu kite ni

 

OJI         : Ndak bercakap ape ?

TEKLA   : Ji, Saye ndak bertanye nih ape dika tau care merangke hiasan

                          dinding ?

OJI         : Iye, saye tahu tapi hiasan dinding terbuat dari ape ?

 

TEKLA   : Hiasan dinding dari kain perce.

OJI        : Memangnye dika nak bertanye ape ?

 

TEKLA   : Sebenarnye ape tuh kain perce  ?

OJI        : Kain perce tu sise-sise guntingan kain, tekla.

 

TEKLA   : Ape gunenya tu ?

OJI        : Kegunaannye bise di bentuk berbage macem kerajinan tangan.

 

TEKLA   : Dimane kite bise mendapatkan kain perce tu ?

OJI        : Dari tukang jahit, ade tu Tekla.

 

TEKLA   : Ape sulit mendapatkan kain perce tu ?

OJI        : Tak begitu sulit la.

 

TEKLA   : Berape duit yang kite bayar tuk mendapatkan kain perce ?

OJI        : tak perlu biaye karena kain tu sudah tak bergune Lagi.

 

TEKLA   : Darimane kite bise mengenal care mempergunakan kain perce ?

OJI         : ye.., membace buku yang menerangkan bermacam care                        membuat kerajinan tangan.

 

TEKLA   : Siape aje yang bise menggunaken kain perce ?

OJI         : Tuk semue orang yang hendak berkepandaian.

 

TEKLA   : Tuk itu, ape aje alat-alat nye tuh ?

OJI        : Alatnye ye.. benang jahit, jarum, gunting, dan pensil.

 

TEKLA   : Bahan-bahan ape aje yang dipergunaken ?

OJI        : Bahannye kertas gambar, kain teteron polos yang ukurannye kire-kire    30 x  40 cm dan kain perce bermacem warne.

 

TEKLA   : Bagaimane care membuat hiasan tersebut ?

OJI        : Pertame, kite membentuk pole gambarnye dulu.

 

TEKLA   : Supaye gambarnya elok darimane kite ambil contohnya ?

OJI        : Dari majalah lalu dipotong tuk dijadikan pole.

 

TEKLA   : Dimane ditempelkan pole yang dah dibuat ?

OJI        : Ditempel pade kain perce tu.

 

TEKLA   : Setelah kain perce tu dipotong dimane dilekatkan ?

OJI        : Di lekatkan pade kain teteron yang sudah ade.

 

TEKLA   : Setelah tu ape lagi yang di kerjakan ?

OJI        : Lalu jahit pinggiran kain perce tu dengan  benang jarum.

 

TEKLA   : Kepandaian ape yang digunaken tuk membentuk hiasan dinding tu ?

OJI        : Cume kite tu harus teliti dan sabar.

 

TEKLA   : Lalu ape yang di buat tuk memberi nilai hasil karye tu ?

OJI        : ye, kite masukkan ke dalam bingkai berkace.

 

TEKLA   : Bise kite dapatkan duit dari hasil karye tu ?

OJI        : Bise lah Tekla, kan bisa kite jual.

 

TEKLA   : Tuk itu, terima kasih karne dika tu mau memberi tau saye care membuat hiasan dinding.

OJI        : Same-same. 

 

Nama   : Tekla Shintauli Lorentina

Npm    : 27211068

Kelas   : 2EB01

2 thoughts on “Percakapan Bahasa melayu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s