Kenaikan BBM (Bahan Bakar Minyak)

Image

 

            Akhir-akhir ini berita yang menghiasi layar kaca televise anda adalah berita mengenai kenaikan harga BBM. Kebijakan ini dipilih Presiden dengan alasan untuk menekan anggaran subsidi BBM yang terus membengkak dan membuat APBN menjadi tidak sehat. Dimana harga premium akan dinaikkan sebesar Rp 2.000 per liter menjadi Rp 6.500 dan harga solar juga dinaikkan sebesar Rp 1.000 per liter menjadi Rp 5.500.

            Yang perlu dipertanyakan adalah kenapa kenaikan BBM ini dilakukan menjelang pemilu?? Apakah ada permainan dibalik semua ini?? Atau dengan naiknya BBM, rakyat yang kecil menderita karena naiknya BBM tersebut lalu Pemerintah seolah-olah datang dan menjadi malaikat untuk mereka dengan memberikan bantuan sehingga tanpa alasan apapun rakyat kecil tersebut akan memilih mereka untuk pemilu dimasa yang akan datang karena dianggap telah menolong mereka. Jika ini terjadi, ini merupakan hal yang picik karena tanpa sengaja telah menggunakan uang rakyat untuk kepentingan politik.

            Seharusnya pemerintah tidak selalu memilih jalan kenaikan BBM dengan alasan APBN dan sebagainya. Apakah presiden tidak menyadari bahwa yang merugikan rakyat itu adalah pemerintah sendiri dikarenakan kasus korupsi yang merajalela. Yang seharusnya untuk pembangunan ini itu namun uang tersebut tidak seutuhnya turun tetapi sebagiannya masuk dalam kantong para pejabat yang menangani kasus pembangunan tersebut. Lalu kenapa kesalahan yang dibuat oleh pemerintah, lagi-lagi harus ditanggung oleh rakyat banyak.

            Nampaknya kehidupan di Indonesia semakin lama semakin melambung tinggi harganya namun pendapatan yang dihasilkan oleh para pekerja tidak sebanding dengan biaya kehidupan tersebut. Lalu kemana hasil bumi Indonesia selama ini? Katanya Indonesia yang kaya dengan kekayaan alamnya namun kelihatannya tak dinikmati oleh rakyat banyak, yang ada sebagian kekayaan alam kita habis dikeruk oleh negara lain dan rakyat kita Indonesia hanya menjadi budaknya. Indonesia mempunyai utang di luar negeri yang katanya untuk ini itu, lalu kemana uang pinjaman tersebut digunakan oleh Pemerintah?? Dan masih banyak lagi yang perlu dipertanyakan yang tidak masuk dalam logika.

            Dari beberapa hal tersebut saja seharusnya bisa mencukupi dan mengatasi masalah kemiskinan di Indonesia karena dana tersebut bukanlah dalam jumlah yang sedikit. Lalu kemana larinya uang tersebut?? Kita sebagai masyarakat memang tidak tau, yang hanya mengetahui kemana pengaliran uang tersebut hanyalah Pemerintah saja!

            Banyak hal yang perlu diperbaiki Pemerintah, mengenai masalah KORUPSI yang tidak pernah berhenti di kepemerintahan sendiri ! mengenai kasus PEREKONOMIAN yang mulai membebankan rakyat dalam biaya hidup dengan harga-harga kebutuhan pokok ! mengenai kasus HAK KEKAYAAN ALAM INDONESIA yang mulai dikuasai pihak swasta dan pihak asing ! mengenai pengentasan KEMISKINAN ! mengenai LAPANGAN PEKERJAAN ! dan sebagainya.

            Jika pemberian bantuan subsidi setiap tahunnya ditambah memberikan dampak yang buruk karena rakyat miskin tersebut akan terbiasa menunggu bantuan daripada bekerja, ada baiknya pemerintah memberikan pelatihan dan pengembangan agar mereka bisa berkreativitas dan menghasilkan sesuatu yang berguna sehingga bisa mengurangi jumlah kemiskinan di Indonesia.

            Dengan kenaikan harga BBM ini bisa menimbulkan dampak terutama dibidang perekonomian. Diantaranya :

1. Harga barang-barang dan jasa-jasa menjadi lebih mahal

            Dengan naiknya BBM otomatis membuat biaya produksi bertambah serta biaya pengantaran barang yang akan dijual bertambah karena pengantara antara satu tempat ke tempat yang lain membutuhkan BBM yang harganya akan naik.

2. Berdampak bagi usaha kecil

            Dengan naiknya BBM, bisa mengakibatkan biaya produksi mereka bertambah dan tidak sebanding dengan usaha mereka dan keuntungan yang didapat sehingga bisa menghasiilkan kerugian dan kemudian usaha kecil bisa gulung tikar.

3. Meningkatnya harga kebutuhan pokok

            Secara otomatis harga kebutuhan pokok pun akan naik. Logikanya kebutuhan pokok yang dibutuhkan ada di daerah yang satu dan daerah yang lain, sementara itu mereka harus mengoper nya ke daerah lain yang membutuhkan bbm untuk mengantarnya secara otomatis harga kebutuhan pokok pun bertambah.

4. Terjadinya inflasi, dan lain-lain

 

            Jika keputusan untuk menaikkan BBM adalah pilihan satu-satunya, maka Pemerintah harus bertanggung jawab atas keputusan yang mereka buat. Mulai dari pengaliran dana untuk rakyat miskin yang benar-benar harus diperhatikan agar pemberian bantuan tersebut tepat pada sasarannya. Dan untuk masyarakat menengah ke atas lakukan lah pengisian ulang bahan bakar minyak BUKAN YANG BERSUBSIDI untuk menolong masyarakat banyak. Dikarenakan golongan menengah ke atas dianggap cukup untuk melakukan pengisian bahan bakar minyak solar bukan premium. Ada baiknya pemerintah menetapkan peraturan jenis kendaraan roda dua dan roda empat yang tidak boleh menggunakan BBM yang bersubsidi.     

            Kabarnya kenaikan harga BBM akan diumumkan sabtu dini hari, jika seandainya terjadi kenaikan harga BBM, oleh sebab itu Pemerintah harus benar-benar memberikan bantuan tersebut kepada orang yang benar-benar membutuhkannya atau rakyat miskin, bukan sebagian uang BLSM tersebut masuk kedalam tangan para pejabat !! Dan hal pemberian bantuan ini bukan dijadikan aliansi POLITIK saja !!

            Terima kasih, mohon maaf jika ada kata-kata yang tidak berkenan. Good Luck!

 

Nama   : Tekla Shintauli Lorentina

Npm    : 27211068

Kelas   : 2EB01

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s