Kartini Day’s

            Mungkin pembahasan mengenai hari kartini ini sudah telat tapi tak ada salahnya kan membagi pengetahuan. Nah siapa sih yang tidak kenal dengan pejuang wanita Indonesia pertama kalinya? yang membuat buku habis gelap terbitlah terang, selain itu dia juga sebagai pejuang wanita Indonesia yang ingin menyetarakan kedudukan kaum wanita sama dengan kaum laki-laki, dia bernama R.A kartini. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan Indonesia yang diperingati pada tanggal 21 april yang lalu.

Image

           Meskipun ada yang tidak setuju mengenai perayaan hari Kartini ini mengapa dilaksanakan dikarenakan selain Kartini ada beberapa pejuang wanita yang ikut berjuang untuk membela dan memperjuangkan bangsa Indonesia.

            Pada zaman dahulu, kaum wanita ditempatkan dalam status sosial yang lebih rendah dibandingkan kaum pria. Oleh sebab itu dia bercita – cita untuk merubah perbedaan status sosial tersebut dengan semboyan “Kita Harus Membuat Sejarah, Kita Mesti Menentukan Masa Depan Kita yang Sesuai Keperluan Kita Sebagai Kaum Wanita dan Harus Mendapat Pendidikan Yang Cukup Seperti Halnya Kaum Laki-Laki.”

            Perjuangan Kartini berhasil mengangkat derajat kaum wanita sehingga bisa kita kenal dengan emansipasi wanita bahwa wanita juga memperoleh hak memilih dan menentukan nasibnya sendiri. Emansipasi wanita bertujuan memberi wanita kesempatan bekerja, belajar, dan berkarya seperti halnya para pria, namun seimbang dengan kemampuannya. Namun disamping itu wanita masih tetap sesuai dengan kodratnya yang memiliki kewajiban untuk mengurus keluarga dan rumah tangganya.

            Peringatan hari kartini setiap tahunnya mulai menurun dan kesadaran masyarakat Indonesia untuk mencintai negerinya sendri semakin berkurang. Contohnya saja mulai dari peringatan-peringatan hari besar Nasional Indonesia yang pada saat dahulu dirayakan secara meriah dengan berbagai acara mulai ditingkat sekolah bahkan RT RW tapi saat ini hal tersebut sangat jarang terjadi.

            Kartini jaman sekarang diijinkan untuk mengenyam pendidikan setinggi mungkin dan menjadi wanita karir yang berguna untuk khalayak umum. Contohnya saja Presiden Indonesia yang pernah dijabat oleh seorang wanita yang bernama Ibu Megawati, itu merupakan salah satu bukti bahwa wanita juga bisa memimpin. Pada  saat ini banyak wanita yang memiliki gelar professor. Dalam melakukan demokrasi politik Di Indonesia, wanita diijinkan ikut ambil dalam bagian tersebut.

            Meskipun saat ini dikatakan jaman emansipasi wanita tapi masih ada yang menomor duakan hak wanita contohnya saja kasus pelecehan terhadap wanita baik dalam rumah tangganya maupun lingkungan sekitar. Ada baiknya Pemerintah bisa mengatasi berbagai kasus pelecehan terhadap wanita.

            Saat ini wanita Indonesia lebih konsumtif daripada menghasilkan sebuah kreativitas. Wanita Indonesia saat ini sudah memiliki sifat kebarat-baratan dan meninggalkan perilaku sebagai wanita Indonesia.

            Oleh sebab itu, jadilah wanita Indonesia yang berpikiran cerdas, berperilaku yang baik dan selalu menampilkan kreativitas untuk bangsanya. 

                                                                                               

“ Dibalik pria yang sukses selalu ada wanita yang mendukungnya dan sebaliknya wanita yang sukses selalu ada pria yang mendukungnya, oleh sebab itu wanita dan pria adalah satu untuk saling melengkapi”

 

Nama   : Tekla Shintauli Lorentina

Npm    : 27211068

Kelas   : 2EB01

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s