Prostitusi merusak generasi masa depan !

            Akhir-akhir ini berita yang mengejutkan kita mengenai maraknya prostitusi anak dibawah umur. Sebenarnya apa sih prostitusi itu?? Prostitusi atau sering disebut juga dengan pelacuran, yaitu melakukan hubungan sex untuk mendapatkan uang. Sebenarnya hal ini sangat memprihatinkan karena perilaku ini tidak sesuai dengan kebudayaan bangsa kita yaitu bangsa Indonesia.  Selain itu juga untuk agama apapun perilaku ini dilarang.

            Sebenarnya apa sih yang melatarbelakangi kegiatan ini bisa terjadi?? Banyak hal, apalagi dizaman seperti saat ini yang biaya kehidupan pun sangat mahal bahkan sebagian mereka melakukan itu hanya karena alasan untuk membiayai kehidupan mereka atau sekedar untuk gaya hidup yang “waahh..”. Ada sebagian orang melakukan pelacuran ini dikarenakan alasan kebutuhan sex mereka. Kemudian dengan alasan untuk membeli sesuatu namun mereka kekurangan uang sehingga mereka menjual diri demi ingin membeli yang mereka inginkan. Namun ada juga anak yang terjerumus dalam jurang prostitusi ini karena kemauan orang tuanya sendiri.

Nah bagaimana dampaknya jika ini terjadi pada anak-anak dibawah umur?? Yang jelas ini akan merusak moril bangsa. Dampak dari prostitusi ini sangat menyedihkan dan akibatnya mereka bisa tertular penyakit kelamin seperti HIV/AIDS. Serta bisa merusak moral para generasi muda. Coba kita lihat sekeliling kita! Bentuk pakaian terbaru, fashion terbaru serta gadget yang menggiurkan untuk dibeli. Ini yang terjadi pada anak-anak dibawah umur, mereka melihat teman sebelahnya atau seseorang yang sedang asyik dengan gadgetnya namun mereka tak mempunyai itu, lalu mereka menabung untuk membelinya namun uang tersebut pun tak juga terkumpul sehingga mereka mencari pekerjaan namun sayangnya pekerjaan yang mereka dapatkan bukanlah pekerjaan yang bagus tapi merupakan pekerjaan yang tercela. Namun demi untuk mendapatkan gadget yang mereka inginkan, mereka rela melakukan hubungan sex dan mendapatkan uang. Ini merupakan contoh simple.

            Selain itu, ini bisa merusak masa depan generasi muda ! dan lalu ini bisa menyebabkan mereka hamil diluar pernikahan sehingga ini bisa merusak program Pemerintah untuk ber KB (Keluarga Berencana) untuk menekan laju pertumbuhan penduduk.

            Ini salah siapa?

            Seharusnya anak dibawah umur lebih diawasi oleh kedua orang tuanya, kedua orang tua juga harus mempunyai komunikasi yang baik kepada sang anak sehingga anak merasa diperhatikan dan orang tua bisa memahami apa mau si anak. Dan orang tua juga memberikan pengetahuan soal sex kepada anak mengenai apa bahayanya agar anak tidak terjerumus pada hal yang demikian. Yang jelas orang tua harus mengontrol anaknya.

            Untuk disekolah sebaiknya para murid diberikan bimbingan atau pengetahuan mengenai soal hubungan sex serta dampaknya agar para murid terhindar dari hal sex tersebut. Serta untuk para pengajar jangan melakukan hal yang senonoh atau tindakan pelecehan terhadap muridnya saat pemberian materi mengenai organ-organ vital manusia karena itu akan merusak generasi masa depan!

            Yang terakhir yaitu media sosial dan pergaulan ini merupakan hal yang paling kuat untuk seseorang terpengaruh jika orang tua tidak mengontrol tindakan sang anak. Melalui media sosial sang anak bisa melihat video atau foto-foto yang tidak senonoh. Lalu melalui pergaulan, jika mereka salah dalam memilih teman maka sama saja mereka menjerumuskan diri sendiri ke dalam pergaulan yang tidak bagus tersebut. Salah satunya yaitu pergaulan bebas.

            Kegiatan prostitusi ini sebagai dampak akibat globalisasi dengan sistem teknologi yang semakin canggih dan pola hidup yang mulai kebarat-baratan. Jika hal ini terus menerus terjadi, bisa kita bayangkan bagaimana keadaan negara kita ditahun-tahun berikutnya bisa kacau dikarenakan pola gaya hidup ini. Untuk itu pemerintah harus bersikap tegas dan segera menyelesaikan persoalan mengenai prostitusi ini.

            Seperti yang kita lihat, bahwa dalam hal prostitusi ini yang dihukum hanya si pelakunya atau korbannya yaitu kebanyakan wanita namun untuk para pria yang menikmatinya tidak diberikan sanksi. Seharusnya baik wanita maupun pria harus diberikan sanksi agar memberikan efek jera kepada keduanya. Pemerintah harus menetapkan undang-undang untuk menangani persoalan ini serta harus melindungi anak-anak dibawah umur yang nantinya merupakan generasi penerus masa depan agar tidak banyak yang terjerumus pada hal seperti itu.

            Kemudian untuk pendidikan di sekolah materi pelajaran mengenai agama harus dibina dengan baik agar mereka bisa tumbuh dengan moral dan iman yang kuat begitu pula untuk para orang tua mengajarkan agama serta membimbing anak-anaknya. Diadakannya pendidikan seks serta mengenai bahayanya agar mereka bisa memahami bahwa hal itu tidak bagus untuk usia mereka.

            Melakukan penyitaan terhadap buku, majalah, film dan gambar porno serta penutupan terhadap situs-situs porno di internet yang dapat merangsang nafsu seks. Kemudian untuk club malam atau labbing atau diskotik harus ditutup agar tidak menambah kegiatan maksiat lainnya.

            Mari kita selamatkan negeri kita dari kegiatan prostitusi/sex !!

 

Nama   : Tekla Shintauli Lorentina

Npm    : 27211068

Kelas   : 2EB01

New Year’s Resolutions

Five hours, twenty minutes and thirty seconds to New Year. Good bye 2011. Hello 2012. Goodbye, old Samantha. Watch out, world, here comes the new me.

“Coming ?” A voice called out from my dorm room door.

I shook my head. “Nope.” Nat stared at me curiously.

I got up. “I’m serious. I’m not going to the party.” I opened the drawers looking for Scotch-tape. I fished out the paper I had been writing on and looked around my side of the room to find the best spot to stick it on.

Nat threw herself down on her bed. “And why would you want to do that ?”

“Do what ?” My eyes wandered around the walls to the cabinet above my bed. Where should I tack it on ?

Nat sighed. “Miss the party !”

“Oh, that. I just don’t feel like going,” I answered in a flat one. “I figured I’m done with parties. I’ve been partying since… as long as I can remember. So, I guess it’s time to do some serious stuff.”

“What serious stuff, exactly ?”

“You know, studying, doing papers, reading books—textbooks, I mean. I decided that the New Year is the perfect moment to start transforming myself into a better person. Look !” I showed Nat my resolutions paper.

Nat took it from my hand, read it… and burst into laughter.

“What ? What’s wrong with my resolutions ?”

After about ten seconds or so, Nat stopped laughing and wiped her tears. “Let me get this straight… Wait ! Let me read your so-called resolutions to you. No more parties, a 3.5 GPA, read one thick book a week, join a reading club discussion, go to the library three times a week… Sam, sam, were you sober when you wrote this ? you really want to do these things ?”

“Yes! And I could use a little support from my best friend.”

“I do support you, Sam. I really do. But, don’t you think this is too much? You’re turning from Sam the partygoer into Sam the geek. Are you sure you want to do that? I mean, aren’t you supposed to start with little things like planting a tree, not littering, or tidying up your bed every day or something?”

“But this is a resolution. What you just mentioned are just little things. Resolutions are big issues. They’re supposed to make you a better individual. There’s nothing wrong with wanting to get straight A’s, or reading more books, or submitting your papers on time, or not partying. There’s more to life than just parties and music. It’s about doing serious things and achieving your goals and dreams for the bettermen of yourself and mankind.”

Nat stared at me in disbelief. “What in the world has gotten into you?”

I sighed. “Well, I guess this whole New Year thing has made me realize what kind of person I want to be next year.”

Nat scratched her head. “Well, …Ok, …whatever. I’ll see you the day after tomorrow, then. We’re going to Max’s villa up on the hill and will be back Tuesday morning for Professor Ellis’s class. That dude’s killing us. A day after New Year and he wants to give us a pop quiz. What a party pooper!”

“Oh! Which reminds me, I have to review all of the five chapters for the quiz.”

Nat smiled and frowned at the same time. “Whatever. Ok, bye Sam…or whoever you are in my best friend’s body.”

Seconds later, the dormitory was totally silent. Everybody was out to celebrate New Year’s eve. It was so quiet.

Should i go to the party? I mean,… but no, no, no. Keep it together, Sam. You’re about to transform yourself into the new you.

I looked at my written resolutions and was determined to say goodbye to the old me. I opened a textbook and started reading.

“SAMANTHA! WAKE UP!”

I heard banging at the door. Groping my way towards it, I finally managed to turn the key to open it. Apparently, I had left the key in the door and Nat could not unlock it from the outside.

“DO YOU KNOW WHAT TIME IT IS?” Nat was yelling in my face. She quickly made for the wardrobe to change he clothes while i watched. “HEY! Resolution girl, do you know what day it is?” she snapped.

“New year?” I replied, yawning. I was still so sleepy.

Grabbing her books and backpack, Nat turned to look at me—well, glare at me, to be more precise. “It’s Tuesday morning! Thirty minutes to Prof Ellis’s quiz! Professor Ellis? Tuesday? Quiz? Hellooo, anybody there?”

And then it all came back to me. “Damn!”

I ran to the bathroom, washed my face, and changed my clothes.

“What time did you go to sleep anyway?”

“I spent New Year’s eve studying until noon on New Year’s day. I must have overslept.”

“Oh, of course. You have this resolution to achieve your goals and dreams.”

“My resolutions,” I mumbled. I looked at the paper I wrote my resolutions on, still attached to the door.

“Uh-huh. Well, I’ve got news for you, Miss ‘i want to be better this year for the betterment of myself and mankind.’ Instead of having these great thoughts of becoming the next Einstein, you might as well start with ‘WAKE UP ON TIME’ and ‘DON’T LEAVE THE KEY IN THE DOOR’ before you read thick textbooks and visit the library three times a week!”

Nat slammed the door shut. It was so hard that my resolution paper fell off it.

Sumber : Majalah CnS Lia

 

Nama   : Tekla Shintauli Lorentina

Npm    : 27211068

Kelas   : 2EB01

Yuk Keliling Kota Lancang Kuning (Pekanbaru) sesi 2

            Nah sebelumnya kan telah dibahas baru beberapa tempat, yuk sekarang kita lanjut berkelilingnya hehe.

            Sekarang kita ke daerah rumbai yuukk, dimana ada terdapat waterpark dan hotel berbintang lima di Pekanbaru. Siapa sih yang tidak tau tempat ini yaitu dikenal dengan Labersa. Didalamnya terdapat Hotel Labersa, Waterpark Labersa, Lapangan golf Labersa dan masih banyak lainnya.

Image             Kemudian kita akan melanjutkan perjalanan ke daerah siak. Tau gak sih ternyata sungai Siak ini merupakan sungai yang terdalam di Indonesia. Bahkan disungai ini kapal bisa berlayar, aneh yaa kapal bisa berlayar disungai hehe. Didaerah siak ini terdapat Kerajaan Siak Sri Indapura zaman dahulu yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata. Nah untuk menuju ketempat itu kita harus menyebrangi sungai siak terlebih dahulu dengan kapal nelayan. Kerajaan Siak ini merupakan kerajaan terbesar di Riau. Tentunya di Istana ini mempunyai banyak peninggalan khusus berupa benda-benda kerajaaan. Untuk masuk kawasan ini tidak mengeluarkan biaya yang mahal cukup merogeh kocek yang dikenakan tarif Rp 3.000 untuk dewasa, sedangkan anak – anak Rp 2.000, untuk Turis dewasa Rp 10.000 bagi anak – anak Rp 5.000. Dan untuk menjaga kebersihannya setiap pengunjung wajib melepas alas kaki  untuk memasuki setiap ruangan.

            Habis itu kita menuju ke daerah Kampar yuukk, di Kampar ada terdapat peninggalan sejarah daerah Riau yaitu “Candi Muara Takus” terletak di Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Selain Candi Muara Takus ada juga terdapat beberapa candi seperti Candi Mahligai, Candi Tua, Candi Bungsu dan Candi Palangka.

Image           Yang terakhir nih yang masih hangat yaitu PON Riau 2012 yang terletak dikawasan Universitas Riau (UNRI). Pasti pada mikir yaa kok bisa yaa Stadion Utama Riau untuk pelaksanaan PON di dalam kawasan Universitas?? Haha jangan salah Universitas Riau ini memiliki luas ratusan hektar. Dikawasan ini kita bisa jogging dan olahraga seperti sepak bola dan  badminton. Nah kawasan ini termasuk kawasan asri karena banyak terdapat pohon hijau apalagi ketika kita jogging di pagi harii, wah rasanyaaa segaaarr. Kalau dari rumah saya sih hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menuju lapangan PON tersebut. Sangat disayangkan sebenarnya dengan pelaksanaan pembangunan PON yang menghasilkan kekecewaan dikarenakan dana tersebut dikorupsi. Rupanya korupsi sudah merajalela.

Image            Setelah jalan-jalan berkeliling pasti kalian memperhatikan setiap bangunan yang ada di Riau pasti terdapat ukiran Melayu, bagus bukann..?? ini merupakan keindahan dari Pekanbaru dengan melestarikan ukiran melayu dan menjadikan keunikan disetiap bangunannya. Ini ciri khas Bangunan Riau dengan Ukiran Melayu Riau. Baik bangunan instasi, sekolah dan sebagainya selalu dihiasi dengan ukiran melayu.

            Sewaktu tingkat SMA, saya juga pernah mendapat pelajaran mengenai materi kebudayaan melayu dan waktu itu kami disuruh membuat ukiran melayu. Untuk membuat ukiran melayu ini tidak mudah lohh. Berikut hasil ukiran saya yang sederhana bermotif bunga hehe

Image

            Nah sehabis keliling-keliling Pekanbaru, anda harus membeli cendera mata atau oleh-oleh khas dari Pekanbaru yaaa, jangan kelupaan. Hayoo coba tunjuk tangan siapa yang suka dengan durian?? Sebenarnya saya sendiri tidak suka dengan durian namun saya bisa tau rasa durian ini dari cerita orang tua saya, teman-teman saya, dan keluarga saya yang pencinta durian, mereka hanya bilang bahwa “durian di pekanbaru ini top abiiss rasanya, lebih enak dibanding durian dari daerah lain” buat pecinta durian boleh tuh dicoba hehe. Kalau durian olahannya ada Lempok Durian yang cukup enak. Selain itu ada yang suka pedesss gaaa, hayoo acungin tangan??? Nah kripik Balado yang berasal dari padang juga bisa dijadikan oleh-oleh karena rasa pedesnya yang mantaapp tapi jangan sedih dulu untuk yang tidak suka pedes, ada juga kripik balado dengan rasa pedas manis lohh. Yang terakhir yaitu ada Bolu Kemojo yang tidak kalah enaknya dari antara semua bolu. Dan masih banyak jenis oleh-oleh yang bisa kalian bawa dari Pekanbaru.

ImageOkeee keliling Pekanbarunya sampai disini dulu yaaa, semoga bermanfaat, thank youuu

 

Nama   : Tekla Shintauli Lorentina

Npm    : 27211068

Kelas   : 2EB01

Yuk Keliling Kota Lancang Kuning (Pekanbaru)

            Haii semuaa… udah ada yang pernah ke Pekanbaru (Riau) belum…?? Seperti tulisan sebelumnya yang udah saya jelaskan mengenai sejarah Kota Pekanbaru, Gurindam Dua Belas yang khas dari Riau, Permainan yang ada, serta Percakapan Bahasa Melayu. Disini saya akan menjelaskan beberapa tempat yang ada di pekanbaru.

            Saya pindah ke Pekanbaru saat saya akan naik ke kelas 5 SD (Sekolah Dasar), sebelumnya saya tinggal di kelapa Gading, Jakarta Utara. Nama Bandara yang terdapat di Pekanbaru ini yaitu Bandara Sultan Syarif kasim II. Saat saya pindah ke Pekanbaru kebetulan saya naik pesawat terbang, kemudian selama dalam perjalanan menuju rumah baru saya bingung, kalau nyanyian anak kecil seharusnya “naik-naik ke puncak gunung, kiri kanan ku lihat saja banyak pohon cemara” tapi waktu itu saya malah bernyanyi seperti ini “kiri kanan ku lihat saja banyak hutan-hutan, kiri kanan ku lihat saja banyak pohon kelapa sawit” hahaha. Kebetulan waktu itu Pekanbaru belum menjadi kota yang semetropolitan seperti saat ini.

            Seperti yang kita lihat berita di televise saat ini Pekanbaru sedang mengalami kabut asap akibat pembakaran lahan. Sebenarnya hal itu sudah menjadi makanan disetiap tahun oleh masyarakat Pekanbaru. Bahkan waktu itu sekolah pernah diliburkan dikarenakan kabut asap yang membahayakan pernapasan dan jarak pandang yang sangat berbahaya untuk para pengendara kendaraan.

            Haha itu sekilas sedikit saja, nah kalian tahu ga sihh mayoritas agama di Pekanbaru?? Yang paling mayoritas yaitu agama Islam selain itu ada agama Katolik, Kristen, Budha, Hindu dan Konghucu ditempat ini. Dan suku yang paling mayoritas yaitu suku Minangkabau.

            Di Pekanbaru ga ada yang ga kenal dengan Lapangan MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) itu apa?? Lapangan MTQ ini awalnya merupakan tempat perlombaan untuk umat islam seperti lomba Al-Quran dan sebagainya namun saat ini perlombaan tersebut kadang tidak dipusatkan disitu saja sehingga Lapangan MTQ ini merupakan tempat umum, dimana sering dilakukan Pergelaran baik Riau Expo, konser-konser para penyanyi, bahkan tempat jogging dan fasilitas olah raga juga ada loh disini, bahkan puncak pergantian malam tahun baru semua acara dilakukan dilapangan MTQ, pokoknya tempat anak nongkrong deh. Di dalam lapangan MTQ ini ada satu ikon budaya di Kota Pekanbaru, merupakan bangunan dengan arsitektur tradisional yang menggunakan nama seorang seniman Riau, yaitu Gedung Idrus Tintin dimana kawasan ini dahulunya merupakan tempat penyelenggaraan MTQ.

            Kalau setiap malam minggu daerah MTQ ini dijadikan tempat nongkrong dan jalanan bakal padat didaerah ini dan bisa dibilang macet begitu. Kalau malam minggu nih sekitaran pinggiran jalan banyak yang jual jagung bakar, makanan, dan lain-lain.

            Nah dekat daerah sini ada terdapat sebuah gedung megah yang berwarna kuning yang dikenal sebagai gedung PGRI. Fungsi dari gedung tersebut nanti diharapkan akan berjalan sesuai dengan kebutuhan dan berdaya guna bagi PGRI ke depan.

            Setiap daerah pasti mempunyai sejarah, di Pekanbaru  ada terdapat Gedung Juang 45 yang merupakan museum perjuangan, terletak di jalan jenderal sudirman no. 26 dan tidak jauh dari bandara Sultan Syarif Kasim II. Di tempat ini kita bisa menikmati berbagai benda bersejarah dan cerita – cerita perjuangan masa lalu. Namun saat ini gedung tersebut telah dijadikan sebagai gedung serba guna.

            Kemudian kita bakal lewat gedung olahraga yang mewah yaitu gedung  Gelanggang Remaja Pekanbaru. Gedung ini dipakai untuk pertandingan olahraga, yang paling hebohnya yaitu pertandingan DBL.

            Habis dari tempat-tempat tersebut kita rekreasi dulu yuukk ke Alam Mayang di jalan Imam Munandar (harapan raya). Disini kita bisa merasakan kesejukan dengan suasana tamannya, jangan salah loh Alam Mayang ini memiliki luas yang lumayan sekitar berapa hektar gitu. Tempat ini juga merupakan tempat wisata keluarga, selain itu juga bisa mengusir stress. Fasilitas yang ada di Alam Mayang ini antara lain kolam pancing, danau dengan sepeda air, Banana boat, safary train, flying fox, trek sepeda, mandi bola, bombom car, topeng monyet, balon loncat, beragam atraksi dan banyak lagi deh. Hmm.. jangan ragu untuk masuk, biaya masuknya terbilang murah loh yaitu sekitar Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Dibuka setiap hari mulai jam 07.00-17.00 WIB.

Image             Kalau ada bangunan tinggi yang terdapat di Jalan Sudirman, Kota pekanbaru itu namanya Perpustakaan Soeman HS atau sering dikenal dengan sebutan PUSWIL (Pustaka Wilayah). Disini pusat perpustakaan di Pekanbaru, kadang kalau saya dan teman-teman mendapat tugas dari sekolah kami pergi mencari bukunya di Puswil ini. Eitsss jangan salah loh di Puswil ini unik kadang bule berfoto disini karena dinding-dinding puswil diluar ini banyak terdapat kisah, sejarah dan ukiran – ukiran melayu yang bagus, dan didalam puswil ini kita bisa menemukan buku jenis apa aja ada yang buku pelajaran, novel, sejarah pekanbaru, buku ukiran melayu, arsip dan dokumentasi pekanbaru dan lain-lain, kemudian ada fasilitas wifi, AC, dan lain-lain.

            Selain terdapat Puswil, di jalan sudirman juga ada terdapat gedung Taman Budaya Riau, Gedung ini berfungsi sebagai tempat untuk pagelaran berbagai kegiatan budaya dan seni Melayu Riau dan kegiatan lainnya. Disamping gedung ini terdapat Museum Sang Nila Utama merupakan museum daerah Riau yang memiliki berbagai koleksi benda bersejarah, seni dan budaya.  Museum ini menyandang nama seorang tokoh legenda dalam Sulalatus Salatin, pendiri Singapura.

Image            Di Pekanbaru ada mesjid yang termegah yang terletak hampir dipusat kota sekitar jalan Hang Tuah yang mempunyai fasilitas lengkap sebagai Islamic Centre serta dilengkapi pula taman yang indah dan luas yaitu Mesjid Agung An-Nur. Disini tersedia fasilitas hot spot atau wifi gratis sepuasnya serta mempunyai halaman parkir yang luas. Nah tadi saya sebutkan Lapangan MTQ juga tempat jogging dan berolahraga, begitu juga di halaman Mesjid An-Nur karena halaman mesjid ini merupakan lapangan luas dan sore harinya akan ramai dikunjungi masyarakat untuk berolahrga dan bersantai bahkan hunting foto.

            Sedangkan untuk Non Islamnya seperti Katolik yang mempunyai gereja yang megah yang dikenal dengan Gereja Santa Maria disini merupakan pusat rohani untuk umat Katolik. Selain itu komunitas TiongHoa yang saat menyelenggarakan perayaan Tahun Baru Imlek yang ditutup dengan perayaan Cap Goh Meh yang biasanya dipusatkan di Vihara Dharma Loka atau Vihara Tridharma Dewi Sakti.

ImageKeliling Pekanbarunya akan kita lanjutkan disesi berikutnya yaaa, wait meee okee…

Nama   : Tekla Shintauli Lorentina

Npm    : 27211068

Kelas   : 2EB01

Mengapa Korupsi Sulit Diberantas Di Indonesia ?

Image            Sebelumnya ditulisan saya juga sudah pernah membahas mengenai korupsi ini. Korupsi atau rasuah berasal dari bahas latin, corruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok. Korupsi adalah suatu perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau kelompoknya dilakukan dengan cara-cara melanggar hukum.

            Saat ini permasalahan yang sering diperbincangkan yaitu masalah korupsi yang terjadi di pemerintahan kita sendiri. Ini merupakan salah satu contoh permasalahan yang dari dulu tidak bisa diberantas bahkan jumlahnya semakin banyak sehingga korupsi ini bisa dikatakan sebagai kebudayaan tersendiri yang sangat buruk.

            Sudah berapa lamakah negara kita menjadi Negara Berkembang?? Sudah lama sekali kita selalu stay dengan posisi negara berkembang ini. Yang menjadi penghambat untuk negara kita maju yaitu KASUS KORUPSI dan KEPEMIMPINAN !

            Korupsi ini terjadi dikarenakan sifat manusia yang tidak pernah puas dengan sesuatu. Seperti orang yang bekerja tentunya pasti digaji. Ada yang berpenghasilan kecil, biasa, serta berpenghasilan besar. Dari ukuran tingkat penghasilan tersebut bisa menimbulkan ketidak puasan dengan gaji yang mereka terima bahkan ingin memiliki penghasilan yang lebih besar daripada itu sehingga dia melakukan tindak korupsi. Sedangkan gaji yang kecil dimana biaya kebutuhan yang semakin mahal membuatnya harus melakukan tindak korupsi untuk memenuhi kebutuhannya. Ini merupakan contoh kecil yang dapat digambarkan mengenai penyebab korupsi tersebut.

            Korupsi ini disebabkan oleh berbagai hal antara lain yang pertama, lemahnya akhlak, moral dan mental para pemimpin. Seandainya para pemimpin tersebut mempunyai iman yang kuat, saya yakin mereka akan bekerja dengan hati nurani untuk mensejahterahkan kehidupan masyarakatnya.

            Kedua, tidak memiliki sikap disiplin dan rasa bertanggung jawab terhadap sesuatu yang dikerjakan, lebih mengutamakan cara yang mudah untuk memperoleh sesuatu tanpa memikirkan dampaknya dan ini sudah menjadi kebudayaan yang tidak bagus.

            Ketiga, penyalahgunaan kekuasaan. Para pemimpin kita yang duduk dipemerintahan merupakan pilihan rakyat. Rakyat memilih mereka untuk duduk dibangku tersebut sekiranya agar para pemimpin mau mendengarkan aspirasi rakyat dan tahu apa yang dibutuhkan masyarakat. Namun sayangnya kepercayaan yang diberikan rakyat salah dipergunakan. Para pemimpin memanfaatkan wewenang tersebut untuk memperkaya diri mereka.

            Keempat, masih memegang prinsip “siapa yang mempunyai uang banyak maka dia yang akan menang”. Kenapa saya bilang begitu?? Karena saat ini nampaknya uang yang lebih menguasai segala sesuatunya, seolah-olah semua bisa dibeli dengan uang.

            Kelima, lemahnya hukum di Indonesia. Para penegak hukum tampaknya sudah dikelabui dengan “uang”. Bahkan mereka tidak bisa menegakkan hukum sesuai aturannya. Mereka lebih memilih uang daripada menegakkan peraturan. Contohnya saja bisa kita lihat banyak para koruptor yang diberikan fasilitas istimewa selama dibui yang membuat kecemburuan sosial terhadap para tahanan lain yang bukan anggota pejabat, bahkan mereka bisa berkeliling keluar negeri atau jalan-jalan sebebasnya. Sehingga hukuman yang diberikan tidak memberikan efek jera kepada para koruptor, oleh sebab itu semakin banyak para pejabat yang terjerat pada kasus korupsi.

            Negara kita yang kaya dengan kekayaan alamnya tidak bisa hidup dengan makmur. Korupsi merajalela dimana-mana, mulai yang dipusat bahkan sudah sampai mewabah ke daerah-daerah lain. Jadi ini harus kita berantas dari akar-akarnya. Memang kasus korupsi ini sudah terjadi sejak dahulu dan hingga sekarang belum bisa diberantas. Seandainya korupsi ini bisa diberantas pasti semua kalangan masyarakat bisa hidup dengan layak dan sejahtera. Kehidupan yang seperti ini yang kita semua inginkan. Coba kita fikir-fikir lagi, dimana titik daripada korupsi ini yaaaa….

            Kesalahan korupsi ini terletak mulai dari diri sendiri, pemimpin, kesejahteraan dan hukum. Lalu bagaimana caranya memberantas korupsi ini yaa..??

            Pertama yaitu dimulai dari diri sendiri. Jika seseorang mempunya sikap tegas dalam dirinya maka dia akan bisa bersikap tegas pula dalam menyikapi segala sesuatu. Untuk menyelamatkan negara kita, maka para generasi bangsa harus ditanamkan sikap jujur sejak dini. Diberikan pendidikan akhlak yang lebih bagus lagi. Agar kelak mereka bisa memajukan bangsa dengan mengontrol nafsu mereka mengenai “uang”.

            Kedua dan ketiga yaitu mengenai pemimpin dan kesejahteraan. Kedua hal ini sangat berkaitan erat. Ada baiknya para pemimpin haruslah mempunyai sikap yang jujur, adil, serta memperhatikan kesejahteraan masyarakat. Jika masyarakat sejahtera maka tidak akan ada korupsi lagi. Pemerintah harus mengkaji ulang mengenai pendapatan para pekerja dengan kebutuhan yang harus mereka keluarkan. Saat ini pemerintah lebih memerhatikan pegawai negeri, menaikkan gaji, tunjangan dan sebagainya. Lalu bagaimana mereka yang bukan pegawai negeri?? Contohnya golongan kelas bawah, pemerintah tidak sedikit pun memberikan mereka pelatihan dan pengembangan kepada mereka untuk bisa menciptakan kreativitas dan lapangan pekerjaan, tapi pemerintah hanya memanjakan mereka dengan BLSM.

            Keempat yaitu hukum, pemerintah harus menegaskan mengenai semua aturan hukum yang membuat sebagian kalangan salah mengartikan makna dari aturan tersebut. Aparat penegak hukum harus bisa bersikap tegas, tidak memandang bulu dan menjadikan semuanya sama didepan hukum agar menimbulkan efek jera terhadap mereka. Memiskinkan para koruptor, selain dilakukan penahanan mereka juga harus mengembalikan dana yang telah dikorupsi serta harus dikenakan sanksi agar mereka lebih takut lagi terhadap hukum. Dihapuskannya remisi untuk para koruptor.

            Korupsi sangat merugikan negara dan ini harus diberantas secara perlahan hingga jumlahnya kecil dan tidak ada lagi ! Tanamkan rasa bersyukur untuk segala sesuatunya sehingga anda tidak akan pernah merasa kekurangan yang berlebihan!

Nama   : Tekla Shintauli Lorentina

Npm    : 27211068

Kelas   : 2EB01

Untung Ruginya Menalangi Kasus Bank Century

Image             Bank Century merupakan salah satu bank yang terdapat di Indonesia. Kasus Bank Century ini berawal pada tanggal 18 November 2008. Kasus Bank Century ini sangat merugikan nasabahnya yang diakibatkan oleh penyelewengan dana nasabah dan Penjualan reksa dana. Setelah Bank century melakukan kalah kliring, nasabah Bank Century tidak dapat melakukan transaksi perbankan baik transaksi tunai maupun transaksi nontunai. Dimana penyelesaian kasus bank century ini ternyata belum selesai dituntaskan. Mari kita teliti asal mula terjadinya.

            Menurut beberapa sumber yang saya baca, disana dijelaskan mengenai proses 3 merger bank yaitu Bank CIC, Bank Danpac, dan Bank Pikko yang menjadi Bank Century. Dimana 3 merger tersebut sudah memiliki kondisi yang buruk sehingga mereka harus memenuhi syarat-syarat tertentu supaya kondisinya sehat kembali. PT. Bank Century Tbk pada awalnya merupakan agen penjual produk investasi namun ternyata diketahui bahwa produk yang dijual tidak mempunyai izin dari Bapepam. Kemudian Bank Indonesia membahas tata aturan mengenai agen penjual reksa dana. Setelah diberi peringatan oleh bank Indonesia ternyata Bank century secara diam-diam masih menjual produk tersebut sehingga Bank Century mendapat panggilan teguran dari Bank Indonesia.

            Sementara itu Bank Indonesia terus menerus melakukan pemeriksaan mengenai surat berharga valuta asing yang berasal dari bank Century. Saat itu Bank Indonesia telah memberikan solusi untuk tetap menjual surat berharga valuta asing tersebut namun sayangnya para pemilik saham di Bank Century tidak mendengarkannya, mereka lebih memilih menghasilkan sebuah perjanjian untuk mengubah surat berharga tersebut menjadi sebuah deposito disalah satu bank yang terdapat di Swiss namun sayangnya uang yang ditanam di bank tersebut sangat susah ditagih.

            Pada tahun 2008 inilah yang merupakan awal bermulanya dari kasus Bank Century. Dimana pada tahun ini Bank Century gagal membayar surat berharga valuta asing yang telah jatuh tempo dikarenakan pada saat itu Bank Centruy sedang mengalami kesulitan likuiditas. Kemudian keadaan ini diperumit lagi dengan kegagalan kliring yang dilakukan oleh Bank century.

            Setelah kegagalan kliring ini, para nasabah Century tidak bisa melakukan berbagai transaksi. Nasabah merasa kesal dan dirugikan karena telah menyimpan uang banyak pada Bank tersebut. Berikut ini ada beberapa pertimbangan yang dipikirkan mengenai untung ruginya menyelamatkan Bank Century

            Masih pada keadaan ini Bank Indonesia melakukan langkah pertama penyelamatan Bank century (di-bailout) melalui pihak LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) dimana LPS tersebut memberikan bantuan terus menerus untuk menyelamatkan kondisi Bank tersebut sehingga dana yang dialirkan mencapai sekitar Rp 6,7 triliun.

            Kedua, jika Century tidak diselamatkan dan tidak memiliki blanket guarantee maka ada biaya langsung dan biaya tidak langsung yang harus ditanggung oleh pihak century dan dana yang dikeluarkan pun  jauh lebih besar daripada Rp 6,7 triliun tersebut. Begitu pula jika Century dibiarkan mengalami kolaps dana yang dikeluarkan juga akan lebih besar.

            Ketiga, jika century tidak diselamatkan namun memiliki blanket guarantee, hal ini mudah untuk dihitung. Akan tetapi dan yang dikeluarkan kira-kira sekitar Rp 9 triliun dan dana ini cukup besar daripada angka Rp 6,7 triliun.

            Dari ketiga cara tersebut menyelamatkan Bank Century dengan harga Rp 6,7 triliun masih lebih murah daripada kedua cara lainnya. Namun entah kenapa dengan dana tersebut masih belum bisa menuntaskan permasalahan kasus Bank Century??

            Dalam penanganan kasus Bank century ini memang membuat banyak orang bertanya-tanya. Terjadinya kasus bank Century ini merupakan kecerobohan pemilik Bank Century dalam menggunakan dananya namun penanggulangan kerugian ini harus menguras dana APBN kita, ini rasanya tidak logis. Kesalahan yang dibuat oleh seseorang tapi harus ditanggung oleh rakyat banyak. coba kita bayangkan seandainya dana tersebut dialirkan untuk menolong masyarakat kita dalam mengentaskan kemiskinan dan untuk pendidikan.

            Disini kembali lagi pada masalah penegakan hukum. Hukum di Indonesia terlalu lemah dan pemerintah terlalu takut untuk mengambil keputusan serta tidak bisa bersikap tegas. Seharusnya pemerintah bersikap tegas dalam membuat keputusan penyelesaian kasus Bank century bukan dibiarkan begitu saja. Padahal kasus ini sudah berlangsung lama sekitar 6 tahun lamanya namun kenapa tak kunjung usai? Kelihatannya ada permainan politik disini dan KPK dinilai selalu lambat dalam menangani suatu kasus.

            Kasus ini harus diusut tuntas oleh KPK dan ditangani secara cepat bukan lambat dan biarkan menjamur.

 

Nama   : Tekla Shintauli Lorentina

Npm    : 27211068

Kelas   : 2EB01

Percakapan Bahasa melayu

             Hmm… mempelajari kebudayaan dari daerah lain ga salah loh. Kalau bahasa Inggris yang menjadi pelajaran umum kita baik disekolah, diperkuliahan dan dimana pun, maka kita juga harus tau dong kebudayaan Indonesia sendiri. Mempelajari kebudayaan Indonesia itu indah loh teman, karena kita mempunyai macam-macam bahasa daerah yang kemudian ditetapkan untuk bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia. Nah disini saya akan memberitahu sedikit contoh percakapan bahasa Melayu yang waktu itu juga merupakan tugas disekolah pada saat tingkat SMP (Sekolah Menengah pertama) bersama teman saya OJI, waktu itu kami membahas mengenai cara merangkai hiasan dinding. Berikut percakapannya

 

OJI         : Siang, TEKLA…..

TEKLA   : Siang juge oji, sinilah dika tuh ndak bercakap La dulu kite ni

 

OJI         : Ndak bercakap ape ?

TEKLA   : Ji, Saye ndak bertanye nih ape dika tau care merangke hiasan

                          dinding ?

OJI         : Iye, saye tahu tapi hiasan dinding terbuat dari ape ?

 

TEKLA   : Hiasan dinding dari kain perce.

OJI        : Memangnye dika nak bertanye ape ?

 

TEKLA   : Sebenarnye ape tuh kain perce  ?

OJI        : Kain perce tu sise-sise guntingan kain, tekla.

 

TEKLA   : Ape gunenya tu ?

OJI        : Kegunaannye bise di bentuk berbage macem kerajinan tangan.

 

TEKLA   : Dimane kite bise mendapatkan kain perce tu ?

OJI        : Dari tukang jahit, ade tu Tekla.

 

TEKLA   : Ape sulit mendapatkan kain perce tu ?

OJI        : Tak begitu sulit la.

 

TEKLA   : Berape duit yang kite bayar tuk mendapatkan kain perce ?

OJI        : tak perlu biaye karena kain tu sudah tak bergune Lagi.

 

TEKLA   : Darimane kite bise mengenal care mempergunakan kain perce ?

OJI         : ye.., membace buku yang menerangkan bermacam care                        membuat kerajinan tangan.

 

TEKLA   : Siape aje yang bise menggunaken kain perce ?

OJI         : Tuk semue orang yang hendak berkepandaian.

 

TEKLA   : Tuk itu, ape aje alat-alat nye tuh ?

OJI        : Alatnye ye.. benang jahit, jarum, gunting, dan pensil.

 

TEKLA   : Bahan-bahan ape aje yang dipergunaken ?

OJI        : Bahannye kertas gambar, kain teteron polos yang ukurannye kire-kire    30 x  40 cm dan kain perce bermacem warne.

 

TEKLA   : Bagaimane care membuat hiasan tersebut ?

OJI        : Pertame, kite membentuk pole gambarnye dulu.

 

TEKLA   : Supaye gambarnya elok darimane kite ambil contohnya ?

OJI        : Dari majalah lalu dipotong tuk dijadikan pole.

 

TEKLA   : Dimane ditempelkan pole yang dah dibuat ?

OJI        : Ditempel pade kain perce tu.

 

TEKLA   : Setelah kain perce tu dipotong dimane dilekatkan ?

OJI        : Di lekatkan pade kain teteron yang sudah ade.

 

TEKLA   : Setelah tu ape lagi yang di kerjakan ?

OJI        : Lalu jahit pinggiran kain perce tu dengan  benang jarum.

 

TEKLA   : Kepandaian ape yang digunaken tuk membentuk hiasan dinding tu ?

OJI        : Cume kite tu harus teliti dan sabar.

 

TEKLA   : Lalu ape yang di buat tuk memberi nilai hasil karye tu ?

OJI        : ye, kite masukkan ke dalam bingkai berkace.

 

TEKLA   : Bise kite dapatkan duit dari hasil karye tu ?

OJI        : Bise lah Tekla, kan bisa kite jual.

 

TEKLA   : Tuk itu, terima kasih karne dika tu mau memberi tau saye care membuat hiasan dinding.

OJI        : Same-same. 

 

Nama   : Tekla Shintauli Lorentina

Npm    : 27211068

Kelas   : 2EB01