Resensi Novel 5 cm

Image             Siapa sih yang tidak tahu kisah persahabatan lima orang ini, yang hebohnya dibioskop yang berjudul “ 5 cm “ dimana film ini diangkat dari novel best seller karya Donny Dhirgantoro. Filosofinya bahwa 5 cm adalah jarak kita menaruh mimpi dan cita-cita di depan mata. Biarkan mengambang agar kita selalu melihatnya dan bertekad mengejarnya.

            Ada lima sahabat yang telah menjalin persahabatan selama tujuh tahun.
Mereka bernama Arial si sosok yang paling ganteng diantara mereka karena selalu tampil rapi dan sporty, memiliki badan tinggi besar.. Riani adalah satu-satunya perempuan diantara mereka, seorang sosok wanita berkacamata, cantik, dan cerdas. Zafran seorang picisan yang berbadan kurus, anak band, orang yang apa adanya dan kocak. Ian memiliki postur tubuh yang paling subur (gemuk). Yang terakhir adalah Genta yang dianggap sebagai “the leader” oleh teman-temannya, berbadan agak besar dengan rambut agak lurus berjambul, berkacamata, aktivis kampus, dan teman yang easy going.

            Mereka memiliki kegemaran yang aneh-aneh mulai dari mengunjungi kafe dari yang termahal hingga yang termurah, sampai menonton layar tancap. Hingga suatu saat dikarenakan ada rasa bosan satu sama lain, mereka memutuskan untuk tidak saling bertemu dan berkomunikasi selama tiga bulan. Dimana saat itulah mereka menemukan hal-hal baru yang memperkaya hidup mereka sebelumnya. Arial yang jatuh cinta sama temen fitnessnya, Riani yang sukses di tempat kerjanya, Ian yang akhirnya berhasil menyelesaikan skripsinya, Genta yang sukses sebagai EO sebuah pameran dan Zafran yang semakin tergila-gila sama Arinda, adik kembar Arial.

            Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh dengan rasa kangen akhirnya dirayakan dengan sebuah perjalanan. Dimana sebuah perjalanan ini penuh dengan keyakinan, cita-cita, mimpi dan cinta. Perjalanan ‘reuni’ dilakukan dengan mendaki gunung tertinggi di Pulau Jawa, Mahameru. Sebuah petualangan pendakian yang sangat mengundang kekhawatiran. Perpisahan dan perjalanan yang mereka lewati ini ternyata telah membuat mereka menjadi manusia yang sesungguhnya, tidak hanya seonggok daging yang hanya bisa bicara, berjalan, dan punya nama. Perjalanan tersebut membawa mereka bukan hanya petualangan alam yang seru, tetapi juga petualangan mencari arti sebuah kehidupan ke gunung Mahameru. Di sepanjang perjalanan menuju Puncak Mahameru, banyak sekali hal-hal yang menakjubkan yang membuat mereka mengerti akan arti hidup.

Nilai penting dalam cerita ini :

  1. Memahami arti persahabatan dimana mereka saling peduli satu sama lain, selalu ada disaat bahagia dan sedih serta manis pahitnya kehidupan tapi mereka tetap selalu bersama.
  2. Mencari arti sebuah kehidupan
  3. Sebuah Negara Tidak Akan Pernah Kekurangan Seorang Pemimpin Apabila Anak Mudanya Sering Berpetualang di Hutan, Gunung & Lautan.
  4. Setiap keyakinan, keinginan, harapan, cita – cita, mimpi dan apa yang mau kamu kejar taruh disini, didepan kening kamu. jangan menempel Biarkan dia menggantung, mengambang 5 cm didepan kening kamu..
    Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu. dan sehabis itu yang kamu perlu cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya. Leher yang akan lebih sering melihat ke atas. lapisan tekad yang 1000x lebih keras dari baja. dan hati yang akan berjalan lebih keras dari biasanya, serta mulut yang akan selalu berdoa. dan kamu akan selalu dikenang sebagai seorang yang masih punya mimpi dan kekayukan, bukan cuma seonggok daging yang hanya punya nama.
    kamu akan dikenang sebagai seorang pemimpi saja. bukan orag biasa – biasa saja tanpa tujuan. Mengikuti arus dan kalah oleh keadaan.
    Tapi seseorang yang selalu percaya akan keajaiban mimpi keajaiban cita – cita, dan keajaiban keyakinan berapapun. dan kamu nggak perlu bukti apakah mimpi – mimpi itu akan terwujud nantinya karena kamu hanya harus mempercayainya.
    Percaya pada 5 cm di depan kening kamu.

Nama   : Tekla Shintauli Lorentina

Npm    : 27211068

Kelas   : 2EB01

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s