Kebangkitan Nasional

Image            Pada tanggal 20 Mei 2013 yang lalu, Indonesia merayakan hari kebangkitan nasional ke 105. Kebangkitan Nasional adalah Masa dimana bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo (2o Mei 1908) dan sumpah pemuda (28 Oktober 1928). 

            Kebangkitan nasional ini didasari dengan semboyan kebangsaan kita “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tapi tetap satu juga. Meskipun dari sabang sampai merauke kita memiliki banyak keanekaragaman masyarakat seperti suku, bahasa, kebudayaan daerah masing-masing. Sekiranya perbedaan tersebut bukanlah menjadi penghalang untuk kita maju, tetapi menjadi sebuah persatuan untuk memajukan bangsa Indonesia dengan kebangkitan nasional ke 105 ini ke depannya.

Ada beberapa tokoh kebangkitan nasional :

Image

  1. Dr. Sutomo

Beliaulah pendiri Budi Utomo yang manakala hari didirikannya diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. 20 Mei 1908, beliau bersama rekan-rekan lulusan STOVIA mendirikan Budi Utomo, organisasi yang membuat Indonesia menghadapi suatu zaman, yakni pergerakan nasional.

  1. Ki Hajar Dewantara

Tokoh yang merupakan pelopor pendidikan bagi bangsa Indonesia pada saat zaman penjajahan. Tokoh yang terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soerjaningrat ini mendirikan perguruan Taman Siswa yang memberikan kesempatan kepada kaum pribumi untuk mengecap indahnya bangku pendidikan. Selain itu beliau juga turut serta dalam pendirian Budi Utomo. Hari Kelahirannya, yakni pada tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan.

  1. Ir. Soekarno

Beliau merupakan tokoh yang sangat berperan penting dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Selain itu, Beliau berjasa besar dalam kebangkitan nasional Indonesia.

  1. Douwes Dekker

Tokoh ini masih juga berdarah Indonesia, namun tidak sepenuhnya. Tetapi keberadaanya bagi Indonesia sangat bermakna. Meskipun tidak sepenuhnya berdarah Indonesia, beliau dengan segenap jiwa dan raga berjuang untuk pergerakan nasional Indonesia  Beliau mendirikan Nationale Indische Partij pada tahun 1912, Nationale Indische Partij merupakan sebuah partai politik.

  1. Dr. Cipto Mangunkusumo

Beliau merupakan dokter profesional yang cenderung lebih dikenal sebagai tokoh pergerakan nasional. Bersama dengan Ki Hajar Dewantara dan Douwes Dekker, beliau mendirikan partai politik Nationale Indische Partij.

            Hingga 105 tahun Kebangkitan Nasional disini terlihat mulai memudarnya kesadaran masyarakat akan pentingnya bersatu untuk memajukan Indonesia. Meskipun Indonesia merayakan hari kebangkitan nasional ke 105 tapi kenyataannya masih banyak permasalahan yang terjadi di Indonesia yang tak pernah selesai penanganannya diantaranya masalah kemiskinan, masalah korupsi di pemerintahan, masalah pendidikan, masalah mengenai kekayaan alam yang mulai habis dikeruk oleh negara lain dan masih banyak masalah lainnya.

            Indonesia yang seharusnya bangkit bukan menjadi bangkit tetapi semakin bobrok karena sistem pemerintahan yang menomor satukan uang bukan kepentingan masyarakat. Indonesia butuh pemimpin yang jujur, peka, cepat bertindak, dan peduli terhadap rakyatnya dan selalu mengharumkan nama Indonesia baik dalam negeri maupun luar negeri, jika hal ini terjadi itulah yang bisa kita sebut dengan kebangkitan nasional. Semangat Indonesia ! Merdeka !

Nama   : Tekla Shintauli Lorentina

Npm    : 27211068

Kelas   : 2EB01

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s