Kereta Api

Image            Untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, kita memerlukan alat transportasi untuk menghubungkan kepentingan antara satu tempat dengan tempat-tempat lainnya baik daerah yang dekat maupun yang jauh. Selain itu alat transportasi berguna untuk memperlancar roda perekonomian, mempererat persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka meningkatkan ketahanan nasional. Alat transportasi dibagi menjadi tiga baik darat, laut maupun diudara. Disini saya akan membahas transportasi yang ada didarat salah satunya kereta apiyang paling diminati.

            Kereta api adalah sarana transportasi darat yang terdiri dari lokomotif (kendaraan dengan tenaga gerak yang berjalan sendiri) dan rangkaian kereta atau gerbong (dirangkaikan dengan kendaraan lainnya) yang bergerak di rel. Dengan demikian kereta api hanya dapat bergerak/berjalan pada lintasan atau jaringan rel yang sesuai dengan peruntukannya. Rangkaian kereta api atau gerbong tersebut berukuran relatif luas sehingga mampu memuat penumpang maupun barang dalam skala besar.

            Kereta Api dipilih sebagian masyarakat karena kita bisa sampai tujuan tanpa terkena macet seperti kalau kita pergi dengan bus atau angkot. Namun tariff untuk naik kereta Api terbilang mahal daripada berpergian dengan bus atau angkot karena baik untuk perjalanan yang jauh maupun yang dekat dikenakan tariff yang sama.

            Kereta api memiliki jalan khusus seperti  kendaraan lainnya baik berupa kendaraan pribadi  maupun kendaraan umum memiliki fasilitas jalan tersendiri yang sering kita sebut sebagai jalan umum. Oleh karena itu usaha perkeretaapian perlu dikembangkan baik sarana maupun prasarana untuk mewujudkan transportasi darat yang baik, aman, nyaman dan lancar.

            Meski mempunyai jalan perlintasan tersendiri pada kenyataannya banyak pintu perlintasan kereta api yang terjadi kecelakaan berupa benturan antara kereta api dengan pengguna jalan umum yang akibatnya banyak jatuh korban dan timbul kerugian, baik bagi pihak pengguna jalan umum maupun pihak kereta api. Sebagian besar terjadi karena kelalaian penjaga pintu perlintasan dan keberadaan palang pintu perlintasan

            Berbagai macam kecelakaan yang sering terjadi dikereta api diantaranya yaitu kecopetan, pelecehan terhadap wanita, serta kaki penumpang yang kejepit pada saat turun dari kereta api. Namun berbagai macam kecelakaan tersebut lebih sering terjadi dikereta ekonomi. Ada baiknya PT. KAI juga memperhatikan keselamatan para penumpang dikereta ekonomi juga. Mulai dari masyarakat yang duduk diatas kereta api, para pedagang yang berjualan didalam kereta api dengan membawa dorongan dagangan mereka yang membuat sempit didalam gerbong hingga hal-hal lainnya mengenai keselamatan penumpang.

Berikut saya akan menceritakan kejadian yang pernah saya liat secara langsung.

            Kereta api berhenti disetiap stasiunnya hanya memiliki waktu beberapa menit sehingga untuk turun penumpang harus berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Hari rabu kemarin tanggal 15 mei, kebetulan saya lagi naik kereta api ekonomi, waktu itu kereta berhenti distasiun juanda, kereta berhenti hanya sebentar, dengan paniknya ketika kereta sudah mau jalan, saya dan temen-temen buru-buru turun dari kereta, namun saat turun kami semua mendengar “ada yang jatuh, ada yang jatuh”, kami juga bingung apa yang jatuh sementara kereta sudah berjalan pelan dan akhirnya kami turun dengan selamat. Setelah turun ada sekumpulan orang yang bergerombol tepat dibagian ujung kereta pada saat pemberhentian, dan kami semua mendengar ada jeritan teriakan dan tangisan dari seseorang, sementara itu kami bingung apa sedang terjadi apalagi tadi pada saat turun dari kereta ada yang bilang “ada yang jatuh”. Katanya ada anak kecil yang jatuh digerbong paling terakhir, kami tidak tau bagaimana ceritanya anak kecil tersebut jatuh, entah pada saat mau naik ke kereta atau pada saat turun. Yang kami lihat pada saat kereta sudah jalan ternyata anak kecil tersebut ikut terseret dengan kereta api tersebut, anak kecil tersebut memegang sesuatu digerbong bagian belakang kereta api sehingga badannya ikut terseret dan kadang melayang atau terplanting dibebatuan yang ada direl. Kami tidak tau bagaimana nasib anak tersebut, semoga masinis kereta apinya sadar akan hal itu sehingga anak kecil tersebut bisa terselamatkan.

            Itulah contoh dari beberapa kasus kecelakaan dari kereta api. Baik untuk kereta ekonomi dan kereta commuter line, PT. KAI harus lebih memperhatikan keselamatan penumpang agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Meskipun tarif diantara kedua nya memiliki perbedaan harga yang jauh, tapi karena fasilitas kereta api tersebut milik PT. KAI sebaiknya diperhatikan keselamatan tanpa memandang harga yang murah dan yang mahal.

            Selain itu, untuk pihak masinis ada baiknya saat pemberhentian untuk menurunkan atau menaikkan penumpang melihat dulu apakah semuanya sudah siap sehingga tidak terjadi kecelakaan seperti yang diatas. Untuk para penumpang lebih berhati-hati untuk menjaga keselamatan diri pada saat naik atau pada saat turun serta barang-barang bawaannya. Untuk pihak Kereta Api harus lebih memperhatikan keselamatan penumpang maupun yang ada diperlintasan, lebih memperhatikan kelancaran, kenyamanan dan keselamatan berlalu lintas sesuai harapan dengan berbagai pihak.

Nama   : Tekla Shintauli Lorentina

Npm    : 27211068

Kelas   : 2EB01

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s