Pengaruh Variabel-Variabel Makro Terhadap Perekonomian Indonesia (C,I,Y,G, X-M)

Image

            Pertama saya akan menjelaskan terlebih dahulu, sebenarnya apa sih ekonomi makro tersebut ? Ekonomi makro adalah salah satu cabang ilmu ekonomi yang menitikbertkan pada kegiatan ekonomi secara keseluruhan (agregatif), misalnya pengeluaran seluruh rumah tangga, pengeluaran pada perusahaan, dan pengeluaran pemerintah serta tentang permasalahan ekonomi secara umum seperti pengangguran, inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan perdagangan internasional.

            Konsumsi adalah kegiatan menggunakan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan. Tingkat konsumsi seseorang atau rumah tangga mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda, hal ini ditentukan oleh tingkat pendapatan. Kondisi pendapatan seseorang akan mempengaruhi tingkat konsumsinya. Semakin tinggi tingkat pendapatan, maka semakin banyak jumlah barang yang dikonsumsi. Sebaliknya, semakin sedikit pendapatan, maka semakin berkurang jumlah barang yang dikonsumsi.  Selain itu juga  besar kecilnya suku bunga akan mempengaruhi keputusan konsumsi seseorang. Semakin tinggi suku bunga tabungan, masyarakat terdorong untuk lebi8h banyak menabung dan mengurangi konsumsi dan sebaliknya jika tingkat bunga rendah masyarakat lebih cenderung menaikkan konsumsi. Saat ini tingkat konsumsi masyarakat di Indonesia sangat tinggi dikarenakan perilaku konsumsi masyarakat Indonesia saat ini berasal dari import luar negeri dimana produk domestik brutto (PDB) dari segi pembelanjaan dapat meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi.

            Investasi adalah pengaktifan tabungan masyarakat dalam produksi untuk memperoleh laba atau keuntungan. Semakin tinggi tingkat bunga maka semakin rendah investasi dan sebaliknya. Selain itu semakin besar tabungan maka semakin besar pula investasi, kemudian lapangan kerja akan bertambah dan akhirnya pendapatan nasional akan meningkat. Oleh sebab itulah komponen investasi seringkali dijadikan patokan dalam menilai kualitas pertumbuhan ekonomi. Namun masyarakat Indonesia kurang melirik terhadap investasi dikarenakan kurangnya pengetahuan mereka tentang berinvestasi dan apa saja risiko yang akan terjadi serta bagaimana cara untuk  mengurangi risiko tersebut misalnya penanaman investasi dipasar modal. Oleh sebab itu sampai saat ini investor asing lebih banyak menguasai pasar dibandingkan investor dalam negeri, meskipun hal ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi tapi jika hal ini dilakukan secara terus menerus maka suatu saat nanti bisa saja yang menguasai pasar Indonesia adalah orang asing, hal ini membuat dampak yang buruk sehingga membuat sebagian masyarakat malas untuk belajar menyelamatkan negaranya sendiri.

            Pendapatan Nasional adalah jumlah yang diterima oleh seluruh rumah tangga (RTK) disuatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi dalam satu periode, biasanya selama satu tahun. Ketika pendapatan nasional tumbuh lebih tinggi maka tabungan masyarakat bisa lebih tinggi. Demikian juga kemudian meningkatnya investasi. Dengan bertumbuhnya pendapatan nasional maka permintaan akan barang dan jasa meningkat sesuai dengan konsumsi masyarakat. Untuk memenuhi tingginya permintaan dipasar, maka mereka berinvestasi untuk memproduksi barang dan jasa. Jadi Konsumsi dan investasi ini yang menentukan jumlah pendapatan nasional.

            Pengeluaran Pemerintah adalah anggaran dana yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk keperluan negara ataupun daerah. Pemerintah mempunyai peranan penting dalam perekonomian untuk kesejahteraan rakyat. Faktor yang mempengaruhi pengeluaran pemerintah adalah jumlah penduduk. Jumlah penduduk merupakan faktor yang paling besar mempengaruhi pengeluaran pemerintah. Pengeluaran pemerintah terus berkembang sejalan dengan tahap perkembangan ekonomi suatu negara atau dengan peningkatan perkapita negara tersebut.

            Perdagangan Internasional tidak hanya dilakukan oleh negara maju saja tapi negara berkembang juga melakukan perdagangan internasional contohnya saja Indonesia. Dengan adanya perdagangan internasional ini membawa efek terhadap perekonomian, sosial, kemajuan teknologi, globalisasi dan politik . Saat ini akan dibahas kegiatan Ekspor-Impor yang marak sedang terjadi, kegunaan dari kegiatan ekspor-impor ini bisa menghasilkan devisa bagi negara yang melakukannya. Apa sih Ekspor – Impor itu ? Ekspor adalah kegiatan menjual barang atau jasa ke negara lain. Sedangkan, Impor adalah kegiatan membeli barang atau jasa dari negara lain. Nah bagaimana pengaruh ekspor-impor ini di Indonesia ? saat ini pertumbuhan impor di Indonesia lebih tinggi daripada ekspornya. Sebenarnya ini sangat menyedihkan bagaimana mungkin Indonesia yang kaya dengan kekayaan alamnya bisa kekurangan bahan pangan contohnya saja bawang ? Hal ini bisa saja terjadi dikarenakan jumlah penduduk Indonesia yang tinggi, namun selain itu kurangnya kepedulian pemerintah terhadap sektor pertanian, seandainya pemerintah peduli terhadap generasi muda dan pertaniannya mungkin Indonesia tidak akan kekurangan bahan pangannya. Kenapa harus generasi muda ? seandainya pemerintah memberikan dana untuk penelitian kepada mahasiswa bagaimana menghasilkan beras yang berkualitas dan sebagainya. Mungkin Indonesia bisa memiliki produk yang mempunyai nama sendiri dan berkualitas. Bisa mempunya nama “made in Indonesia” bukan barang-barang yang dihasilkan dari tanah Indonesia menjadi buatan “made in negara lain”. Meskipun impor yang tinggi ini bisa menaikkan pertumbuhan perekonomian, pemerintah tetap harus menyeimbangkan antara ekspor-impornya. Agar Indonesia tetap menjadi tuan rumah dinegaranya sendiri.

            Jadi dapat disimpulkan bahwa kelima variabel makro ekonomi tersebut saling berkaitan dimana Konsumsi dan Investasi menentukan jumlah pendapatan nasional, semakin tinggi pendapatan nasional maka pengeluaran pemerintah juga akan terus bertambah. Serta Ekspor-Impornya dijadikan pendapatan tambahan untuk suatu negara.     

Nama              : Tekla Shintauli Lorentina

Npm / kelas    : 27211068 / 2EB01

Tugas 4 Aspek Hukum Dalam Ekonomi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s