Andai Aku Menjadi Menteri Perekonomian

Nama              : Tekla Shintauli Lorentina

Npm / kelas    : 27211068 / 2EB01

Tugas 3 Aspek Hukum Dalam Ekonomi

Andai Aku Menjadi Menteri Perekonomian

            Setiap orang mempunyai cita-cita yang berbeda-beda. Kita menempuh pendidikan sampai ke perguruan tinggi karena kita ingin mencapai sesuatu yang kita cita-citakan. Ada pepatah yang bilang gantungkanlah cita-citamu setinggi langit, nah cita-cita tersebut bukan hanya untuk digantung tapi kita juga berfikir bagaimana cita-cita tersebut bisa kita capai. Buat para generasi muda yang sudah duduk diperguruan tinggi mulai lah berfikir untuk masa depan, akan menjadi seperti apa ketika kita lulus dari perguruan tinggi. Nah sekarang saya ingin berandai-andai, seandainya suatu saat nanti saya menjadi Menteri Perekonomian di Indonesia.  Memang menjadi Menteri Perekonomian Indonesia bukanlah hal yang mudah karena Indonesia ini merupakan padat penduduk memerlukan strategi yang bagus agar seluruh masyarakatnya makmur dan sejahtera.

            Siapa sih yang tidak tahu bahwa negara kita Indonesia tercinta ini termasuk negara yang kaya terutama kaya akan sumber daya alam yang tidak dimiliki oleh negara lain seperti pepatahnya “indonesia bagaikan kolam susu”. Ditanah kita bisa ditanam berbagai macam bahan pangan seperti beras, jagung, sayur dan lain-lain. Dari buahnya kita juga bisa menghasilkan minyak seperti perkebunan kelapa sawit. Dari lautnya kita memiliki ikan yang beraneka ragam. Dan masih banyak hal lainnya yang dimiliki Indonesia, flora dan fauna yang diberikan oleh Tuhan yang maha kuasa sungguh luar biasa. namun sangat disayangkan kekayaan alam kita saat ini berhasil dikeruk oleh orang asing salah satu contohnya PT. Freeport. Selain hal itu juga, Indonesia kekurangan sumber daya manusia dan modal untuk mengolahnya.

            Menurut saya Perekonomian adalah salah satu hal penunjang yang memberikan penghasilan terbesar untuk Indonesia terutama dibidang pertanian. Perekonomian yang bagus bisa kita lihat dari bagaimana kehidupan masyarakatnya, sudah sejahterahkah atau belum ? Namun di Indonesia belum bisa dikatakan masyarakat yang makmur seluruhnya karena gelandangan atau fikir miskin semakin banyak. Perekonomian saat ini sudah mencekik masyarakat terutama masyarakat digolongan bawah, biaya hidup yang tinggi saat ini semakin menambah penderitaan untuk masyarakat golongan bawah untuk dapat hidup yang layak normal dengan gizi yang cukup dikarenakan harga bahan pangan yang semakin tinggi.

            Saya juga pernah membaca artikel dan berita-berita, bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin membaik. Namun saya melihat pertumbuhan tersebut bisa cepat tumbuh dikarenakannya semakin banyaknya investor asing yang menanamkan modalnya di Indonesia serta masyarakat Indonesia yang hanya menyukai berkonsumsi. Buktinya pengangguran di Indonesia masih lebih besar dibandingkan dengan lapangan pekerjaannya. Dan kita sendiri sebagai masyarakat bisa melihat begitu banyak permasalahan timbul, bisa kita lihat dari berita televisi dan kehidupan disekeliling kita.

            Seandainya saya menjadi Menteri Perekonomian, saya akan membenahi Indonesia agar bisa menjadi lebih baik dan menjadikan Indonesia kebanggaan dimata negara lain.

            Pertama-tama, saya ingin orang-orang yang duduk di bidang perekonomian harus bisa bekerja dengan jujur dan selalu berusaha untuk mengutamakan kepentingan masyarakat serta harus memiliki iman yang kuat agar tidak mudah tergoda oleh yang namanya “KORUPSI, KOLUSI, DAN NEPOTISME”.

            Kedua, saya akan mencari bibit-bibit generasi muda dan memberikan mereka biaya untuk penelitian dibidang pertanian agar mereka bisa menciptakan produk-produk yang lebih berkualitas seperti pupuk dan lain-lain.

            Ketiga, menekan pertumbuhan import yang saat ini cukup tinggi dan meningkatkan hasil eksport kita, karena saya ingin Indonesia harus tetap menjadi tuan rumah dinegaranya sendiri bukan dikalahkan oleh produk asing.

            Keempat, memberikan keyakinan kepada masyarakat Indonesia bahwa produk Indonesia sendiri tidak kalah dengan produk Asing. Karena saat ini ada sebagian masyarakat lebih memilih harga yang tinggi daripada harga yang rendah dikarenakan gengsi padahal produk yang harganya rendah tersebut lebih berkualitas daripada produk dengan harga yang tinggi tersebut.

            Kelima, memberikan pelatihan dan keterampilan kepada masyarakat dimana tempat tersebut merupakan tempat untuk mereka berkreasi supaya bisa menghasilkan produk-produk yang bagus, seperti berkreasi untuk batik.

            Masih banyak hal lainnya yang akan saya lakukan nantinya. Namun saya akan membenahi terlebih dahulu masalah-masalah ekonomi yang ada dalam negeri agar kita bisa masuk kancah Internasional. Saya tidak akan membiarkan bahan-bahan yang berasal dari Indonesia menjadi hak milik negara lain apalagi yang seharusnya berlabel “made in Indonesia” menjadi berlabel “made in negara lain”.

            Saya yakin Indonesia bisa menjadi negara yang lebih maju dan menjadi lebih baik apabila memiliki pemimpin-pemimpin yang bertanggung jawab terhadap tugasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s