Yang ada disekeliling kita…

            Apa? Apa saja yang terjadi disekeliling kita? Apakah kita sadar akan hal yang terjadi semua itu? Jawabannya tidak semua orang.

            Hidup adalah sebuah pilihan untuk kita jalani. Beraneka ragam setiap kehidupan orang-orang yang berada disekeliling kita mulai dari orang-orang yang kurang beruntung dan yang beruntung. Sepertinya kita semua juga tidak asing dengan pemandangan yang ada disekeliling kita baik yang kita lihat secara langsung maupun lewat media sosial seperti televisi diantaranya kehidupan orang-orang yang kurang beruntung.

            Kehidupan ini begitu keras dan masalahnya yaitu tergantung bagaimana kita menyikapi semua yang terjadi. Hampir setiap hari saya sering melihat pengemis mulai dari anak kecil hingga nenek-nenek. Pasti dihati saudara-saudara sekalian ada rasa iba ataupun rasa acuh tak acuh dengan mereka.

            Terkadang saya sendiri pun berpikiran seperti itu. Terkadang saya melihat iba dengan kondisi mereka yang tidak mempunyai kondisi tubuh yang normal sehingga hidupnya hanya menunggu belas kasihan dari orang-orang sekitarnya namun kadang saya meresa kesal karena diantara mereka yang memiliki anggota tubuh yang normal hanya menunggu belas kasihan dari orang sekitarnya tetapi ketika diberi walaupun sedikit yang ada malah marah-marah bukan berterima kasih karena hanya diberi sedikit. Mungkin hal seperti itu para pembaca sekalian juga pernah merasakannya. Disini saya akan memberikan sedikit cerita.

            Sekitar tanggal 24 desember 2012 yang lalu, kebetulan saya sebagai panitia natal di UKM rohani – KMK UG. Disini selain merayakan natal kami juga mengadakan aksi sosial yaitu memberi makanan kepada yang kurang mampu. Sekitar tanggal 24 desember 2012 yang lalu kami panitia mengadakan survey sepanjang jalan untuk mengetahui wilayah-wilayah mana saja yang akan kami kunjungi. Kita menelusuri dari wilayah Depok – Jakarta. Terus apa yang kami dapati ?

            Hari itu bermanfaat dan memberi semangat kami agar kami bisa mencari dana walaupun memberi sedikit tapi berarti untuk orang banyak. Sepanjang jalan begitu banyak orang yang hidupnya kurang beruntung daripada kita yang masih punya rumah yang layak, makanan yang enak, kedua orang tua yang baik, bisa mengikuti jenjang pendidikan dan sebagainya.

            Waktu itu ada sebuah tempat persinggahan kami sebentar kira-kira di wilayah senen pinggir rel kereta api. Disana kami hanya mendapati beberapa anak kecil saja, kemudian kami berjalan menuju tempat perkumpulan mereka. Sepanjang perjalanan, ada seorang anak kecil yang entah kenapa dekat dengan saya. Saya mulai ajukan pertanyaan-pertanyaan kecil untuknya. Inti dari pembicaraan kami, “Dia tidak pernah menyesal dengan hidup yang ada seperti ini, bahkan dia punya cita-cita ingin menjadi seorang dokter”. Kebetulan anak kecil itu cukup pintar saya lihat ketika saya mengajak bermain hitung-hitungan. Dia bilang bahwa ditempat mereka ada didirikan sekolah gratis untuk anak jalanan dan nilai raport dia bagus-bagus sekitar 80-90 nilainya. Ketika sampai ditempat mereka, kita hanya berkeliling sebentar melihat aktivitas mereka disana.  Anak kecil tersebut juga bilang bahwa ‘sebagian teman-teman kami ada yang sedang berjualan jadi tidak ada disini’. Waktu itu sedang pada suasana siang hari yang begitu teriknya. Hati saya sempat tersentuh karena sebegitu teriknya matahari, mereka yang masih kecil tetap mencari uang hanya untuk makan.

            Apa yang bisa kalian simpulkan dari cerita kecil diatas ? Intinya adalah bahwa kita harus tetap bersyukur dengan hidup kita yang sekarang karena masih ada orang yang hidupnya kurang beruntung daripada kita.

            Nah tanggal 13 januari 2013, tepat hari kami mengadakan aksi sosial tersebut. Saya dan teman-teman saya mendapat jalur Depok – Jakarta Kota. Sepanjang perjalanan kita memberikan nasi kepada kaum papa. Ketika saya memberikan nasi-nasi tersebut begitu banyak cerita sepanjang perjalanan. Ada yang mengucapkan terima kasih dan ada juga yang tidak mengucapkan terima kasih. Tapi kebanyakan mengucapkan terima kasih bahkan ada yang mendoakan karena begitu senangnya mendapat sebungkus makanan tersebut. Ada juga yang saya dapati, mungkin mereka ga punya uang sehingga memakan sisa-sisa makanan dari tempat sampah dan memakannya dengan lahap.

            Saya hanya ingin memberikan sebuah semangat untuk para pembaca…

            Lihat diluar sana masih banyak orang yang kurang daripada kita, masih banyak persoalan hidup lebih dari yang kita hadapi selama ini. Jangan menghamburkan uangmu untuk hal yang tidak berguna.

            Lihat mereka yang tidak bisa duduk dibangku pendidikan bahkan mempunyai cita-cita yang tinggi, sedangkan kita ? pasti ada diantara pembaca yang hanya menghamburkan uang, belajar yang tidak serius ataupun terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik dan sebagainya. Mulai sekarang ubahlah pola pikir anda sekalian.Gunakan waktumu sebaik mungkin untuk melakukan hal yang terbaik semampu mu karena waktu tidak dapat diputar ulang kembali…  

            Life must go on🙂

ini adalah sedikit foto kami ketika membagikan makanan disalah satu tempat.Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s