Pentingkah Berorganisasi ?

            Apa itu organisasi ? Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Dimana dengan berorganisasi kita bisa mendapatkan ilmu yang tidak bisa kita dapatkan didalam kelas ataupun didalam perkuliahan.

           Pentingkah berorganisasi ? Menurut saya berorganisasi itu hal yang penting karena banyak pelajaran berharga yang bisa kita jadikan pengalaman.

           Pertama, organisasi merupakan wadah untuk berinteraksi dengan orang lain. Dimana kita bisa menambah teman, bekerja sama dalam satu tim untuk mencapai tujuan tertentu serta bisa membentuk kita menjadi seorang pemimpin.

           Kedua, organisasi bisa melatih kepribadian kita. Kenapa saya bilang begitu ? banyak orang yang tidak mau ikut berorganisasi karena takut mengganggu waktu belajar, tidak bisa mengatur waktu dengan baik dan alasan lainnya. Sebenarnya ketika kita berorganisasi kita bisa melihat bagaimana kepribadian kita sebenarnya ketika diajak bekerja sama satu tim, dimana letak kelemahan kita, menerima kritik dan saran dari orang lain agar menjadi lebih baik. Mengatur waktu itu memang menjadi persoalan sebagian orang sehingga tidak mau ikut berorganisasi. Namun perlu kalian ketahui, “orang yang sukses adalah orang yang bisa mengikuti 2 atau lebih kegiatan dalam satu hari tanpa mengorbankan yang lain” hal ini pernah saya lihat didalam sebuah film yang saya lupa judulnya. Sampai saat ini saya memang belum begitu gesit dalam mengatur waktu hingga saya juga penasaran bagaimana mengatur waktu agar tidak mengorbankan ativitas yang lain. Namun dengan menggabungkan aktivitas yang lain seperti berorganisasi ini saya mulai bisa mengatur waktu yang baik dimana letak titik lemah saya dalam mengatur waktu sudah saya ketahui. Awalnya memang gagal sehingga mengorbankan yang lain tapi lama kelamaan dengan rasa penasaran bahwa saya harus bisa mengikuti organisasi tersebut tanpa mengorbakan waktu belajar sebagai mahasiswi bisa saya jalankan dengan baik.

           Ketiga, organisasi sebagai wadah dalam mengasah jiwa kepemimpinan kita. Dimana setiap organisasi pasti mengadakan sebuah kegitan nah didalam kegiatan tersebut ada yang namanya pemimpin dan bawahan. Setiap bagian tersebut mempunyai tugas dan tanggung jawab masing-masing yang berbeda. Dengan tugas tersebut kita bisa belajar untuk bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan kepada kita serta kita juga harus bekerja sama dalam satu tim untuk mencapai tujuan tersebut. Karena pemimpin yang baik merupakan pemimpin yang bertanggung jawab.

           Organisasi adalah tempat belajar sebagai bekal untuk dunia kerja nantinya. Langkah awal agar kita bisa memahami bekerja sama dalam satu tim. Namun ingat utamakanlah yang paling utama. Mengikuti organisasi tanpa harus mengorbankan yang utama.

Aktivitas organisasi selama masa perkuliahan

  1. Tingkat 1, semester 1 pasif.
  2. Tingkat 1, semsester 2 mengikuti organisasi FKK-UG (Forum Komunikasi Kelas-Universitas Gunadarma) dinaungi oleh BEM, pernah menjadi panitia untuk seminar dibagian urusan registrasi
  3. Tingkat 2, semester 1 mengikuti organisasi FKK-UG pernah menjadi panitia disebuah seminar dibagian divisi konsumsi. Selain itu menjadi panitia Natal di UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Rohani – KMK UG (Keluarga Mahasiswa Katolik Univ. Gunadarma) sebagai bendahara serta aktivitas diluar kampus, sedang menjalani sebagai Panitia Napak Tilas di PMKAJ US sebagai divisi konsumsi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s