Pahlawan Untuk Indonesiaku

Nama              : Tekla Shintauli Lorentina

Npm / kelas    : 27211068 / 2EB01

Tulisan

Image

Pahlawan Untuk Indonesiaku

            Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 dimana untuk mencapai kemerdekaan tersebut butuh perjuangan, diperjuangkan dengan susah payah oleh para pahlawan kita dahulu agar Indonesia mencapai Kemerdekaan.

            Tanggal 10 November yang kita kenal sebagai “Hari Pahlawan” mempunyai sejarah tersendiri. Kenapa tanggal 10 November ditetapkan sebagai “Hari Pahlawan?” Berikut sejarah singkatnya :

            Pertempuran Surabaya merupakan peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Belanda. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

            Berbagai bagian kota Surabaya dihujani bom, ditembaki secara membabi-buta dengan meriam dari laut dan darat. Ribuan penduduk menjadi korban, banyak yang meninggal dan lebih banyak lagi yang luka-luka. Tetapi, perlawanan pejuang-pejuang juga berkobar di seluruh kota, dengan bantuan yang aktif dari penduduk. Walaupun bersenjatakan bambu runcing, namun tak sedikitpun menyurutkan semangat para pahlawan kita untuk terus berjuang untuk membebaskan bangsa ini dari penjajahan pada saat itu.

            Pertempuran berdarah di Surabaya yang memakan ribuan korban jiwa tersebut telah menggerakkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan. Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat yang menjadi korban pada hari 10 November ini kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan oleh Republik Indonesia hingga sekarang.

            Namun sangat disayangkan saat ini untuk perjuangan pahlawan-pahlawan tersebut karena tidak banyak orang yang bisa memahami arti penting dari perjuangan tersebut. Sebesar apa pahlawan-pahlawan kita berjuang untuk mempertahankan Indonesia ini. Mereka berjuang sampai titik darah penghabisan tanpa mengharapkan balas jasa atau budi dari generasi di depannya tapi mereka berjuang supaya Indonesia bisa merdeka agar generasi depannya tidak merasakan hal yang sama sebenarnya itu yang mereka perjuangkan tapi apa arti perjuangan mereka saat ini ? tidak begitu penting dimata sebagian masyarakat, ada yang bersikap acuh tak acuh terhadap Indonesia.

            Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau dari sabang sampai merauke dengan berbagai macam agama, suku, bangsa dan budaya. Dengan adanya keragaman tersebut menjadikan Indonesia Satu. Seperti tertulis “Bhinneka Tunggal Ika – Berbeda-beda tapi satu”. Dengan Indonesia satu inilah pahlawan-pahlawan kita berjuang bersama-sama untuk mencapai kemerdekaan. Jadi intinya adalah “kebersamaan” hal inilah yang para pahlawan kita tanamkan dalam semangat perjuangannya.

            Mungkin saat ini para pahlawan kita sedang menangis didalam makam karena mereka kecewa dengan perjuangan yang telah mereka lakukan hingga titik darah penghabisan menjadi sia sia dengan kondisi Indonesia saat ini.

            Bisa kita lihat sendiri dimana banyaknya permasalahan yang ada sehingga persatuan Indonesia tersebut mulai berkurang. Pahlawan yang seperti apakah untuk Indonesiaku ??

  1. Apakah pahlawan nasional ?
  2. Apakah pahlawan tanpa tanda jasa ?
  3. Apakah pahlawan bertopeng ?
  4. Apakah pahlawan kesiangan ?

            Anda semuanya juga pasti tau jawabannya yang kita butuhkan saat ini adalah kesadaran dari setiap orang sehingga bisa menciptakan pahlawan baru untuk kemajuan Indonesia.

            Masalah pertama, Kondisi Indonesia saat ini bisa saya katakan “morat-marit” karena begitu banyak permasalahan yang terjadi. Mungkin anda sekalian juga bosan mendengar isi berita saat ini yang banyak mengulas “KORUPSI”. Bagaimana Indonesia bisa maju kalau para pemimpin kita masih ada yang melakukan KORUPSI. Pemerintahan saat ini berdiri bukan untuk memajukan bangsa tapi memajukan dirinya sendiri. Buktinya berbagai permasalahan bisa timbul, contohnya saja disetiap pembangunan “Kenapa bisa runtuh?” “Kenapa jalan yang baru diperbaiki bisa bolong-bolong lagi?”. Seharusnya “pemimpin dipilih oleh rakyat berasal dari rakyat dan untuk rakyat” sedangkan uang yang ada berasal dari rakyat dan seharusnya berguna kembali untuk rakyat.

            Seandainya pemimpin kita bekerja dengan anti Korupsi mungkin kemiskinan yang ada di Indonesia ini bisa menurun, dan semua permasalahan bisa teratasi.

            Masalah kedua, Coba kita rasakan suhu Indonesia saat ini yang sudah mulai bertambah panas dikarenakan aktivitas pembangunan dimana-mana dengan membakar pohon dan menghilangkan ruang hijau untuk Indonesia. Dimana letak kepedulian pemerintah sehingga membiarkan semua lahan digerogoti secara perlahan-lahan oleh para investor??

            Masalah ketiga, dimana ketegasan pemerintah hingga pulau-pulau yang dulunya milik Indonesia bisa menjadi milik negara lain ??

            Dan masih banyak permasalahan lainnya…

            Apa yang perlu kita perbaiki ?? Jawabannya : “MORAL”.

            Yang paling utama adalah MORAL dari setiap orang dan para pemimpin yang dipilih. Namun disamping itu pendidikan juga diperlukan untuk pengetahuan serta mendidik pribadi tersebut. Moral dan pendidikan ini sangat berkaitan. Dengan pendidikan yang cukup dimiliki oleh seseorang sehingga bisa memperbaiki semua bidang.

             Dan Pahlawan apa yang kita butuhkan ? Pahlawan Diplomasi yang penuh dengan CINTA dan KEBIJAKSANAAN.

            Kenapa dengan cinta? Karena dengan cinta itu bisa menjadikan segalanya hebat. Cinta bisa dijadikan dasar untuk Indonesia saat ini. Bagaimana mungkin Indonesia bisa hidup rukun dan damai jika tak ada cinta? Yang akan ada hanyalah peperangan. Contohnya saja pertikaian saat ini yang mulai terjadi dimana-mana antar agama, suku, dan budaya.

            Kita butuh pahlawan yang bekerja atas dasar cinta dan dengan kebijaksanaannya menjadikan Indonesia seperti yang diharapkan masyarakat banyak. Yang kita perlukan adalah cinta terhadap sesama, menghidupkan toleransi antar umat beragama, serta memberantas korupsi dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada.

            Nah, Tugas kita sebagai generasi kedepan yaitu belajar dengan sungguh-sungguh supaya kita bisa menjadi pemimpin yang baik dimasa depan untuk kemajuan Indonesia. Bukan menjadi “pahlawan kesiangan” tapi menjadi pahlawan untuk masyarakat banyak. SEMANGAT.

2 thoughts on “Pahlawan Untuk Indonesiaku

  1. Do you want unlimited articles for your site ?
    I’m sure you spend a lot of time posting content,
    but you can save it for other tasks, just type in google: kelombur’s favorite tool

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s