Wajah Koperasi Indonesia Saat Ini

Nama              : Tekla Shintauli Lorentina

Npm / kelas    : 27211068 / 2EB01

Tugas 1 Softskill

Wajah Koperasi Indonesia Saat Ini

            Kata “Koperasi” sudah tidak asing lagi ditelinga kita, bahkan di setiap sekolah ataupun universitas ada koperasi kecil. Koperasi tersebut adalah kumpulan orang-orang yang terikat (bekerja sama) yang mempunyai tujuan bersama yaitu untuk mensejahterakan rakyat.

            Koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdiri berdasarkan asas kekeluargaan dan juga kita ketahui koperasi mengenal adanya pembagian SHU (Sisa Hasil Usaha). Koperasi tumbuh di Indonesia dimulai sejak tahun 1896 yang berkembang dari waktu ke waktu, dimana dalam perkembangannya koperasi mengalami pasang naik dan turun. Nama Drs. Moh. Hatta atau Bung Hatta sudah tidak asing lagi ditelinga kita, Dia dikenal sebagai “Bapak Koperasi”.

            Adapun manfaat dari koperasi yaitu mempermudah anggota dalam memenuhi kebutuhannya, seperti peminjaman modal untuk modal usaha. Selain itu setiap tahunnya koperasi ada pembagian SHU (sisa hasil usaha) kepada anggota.

            Koperasi memiliki peran yang besar di masyarakat. Jika banyak orang yang dapat mengambil manfaat dengan adanya koperasi ini maka ekonomi masyarakat pun akan kuat. Oleh karena itu tak heran jika koperasi disebut sebagai soko guru atau tiang utama perekonomian di Indonesia.

            Dahulu, koperasi hanya menekankan pada kegiatan simpan pinjam. Kemudian, berkembang menjadi koperasi serba usaha yang juga menyediakan barang-barang konsumsi. Hingga perkembangan koperasi Indonesia mulai merambah pada penyediaan barang-barang untuk keperluan produksi. Perkembangan koperasi Indonesia berbeda jauh dengan perkembangan pada bidang lain yaitu sama-sama menuju perubahan yang lebih baik dengan cara mengubah sistem yang tidak baik kemudian disesuaikan dengan keadaan yang sedang terjadi.

            Menurut data yang ada saat ini peningkatan koperasi dari tahun ke tahun naik, di tahun 2012 sebanyak 192.443 unit koperasi namun disamping itu ada beberapa unit koperasi juga yang tidak aktif diantaranya. Untuk itu mari kita benahi koperasi yang tidak aktif tersebut agar koperasi di Indonesia hidup dan terus berkembang tentunya.

            Penyebab koperasi di Indonesia yang mulai meredup yaitu belum memiliki kemampuan untuk menjalankan peranannya secara efektif. Ada beberapa permasalahan kenapa koperasi di Indonesia makin lama makin meredup antara lain :

  1. Koperasi sulit berkembang karena modal terbatas. Oleh sebab itu, pemerintah memanjakan koperasi dengan memberikan bantuan untuk koperasi melalui dana-dana segar tanpa pengawasan kearah mana dana yang dialirkan digunakan sehingga koperasi bersifat manja dan tidak mandiri dalam pengelolaan modalnya.
  2. Masyarakat Indonesia menomor duakan yang namanya koperasi sehingga perkembangan koperasi di Indonesia menjadi terhambat. Dulu koperasi menyediakan berbagai perlengkapan produk dengan harga yang murah namun dengan adanya pesaing swasta yang berdatangan, koperasi mulai gulung tikar secara perlahan karena masyarakat lebih sering berbelanja seperti di giant, hypermart, dan lain-lain.
  3. Kesadaran masyarakat tentang pengetahuan koperasi masih sangat rendah. koperasi sudah kita kenal dari dulu namun hingga saat ini masih ada saja orang yang belum begitu mengenal dengan koperasi atau berpendidikan rendah. Oleh karena itu ada baiknya pemerintah memberikan penyuluhan yang lebih dalam mengenai apa itu koperasi kepada masyarakat.
  4. Tingkat partisipasi anggota koperasi yang masih rendah. Akibat dari kurangnya penyuluhan mengenai koperasi dan kesadaran masyarakatnya sehingga partisipasi dari masyarakat kurang, masyarakat saat ini berpola pikir yang simple “tidak mau repot” padahal koperasi ini adalah salah satu unit yang bisa meningkatkan taraf kesejahteraan rakyat.
  5. Perkembangan koperasi di Indonesia berkembang bukan dari kesadaran masyarakat namun berasal dari dukungan pemerintah sehingga pemerintah bekerja sebagai pendukung dan mensosialisasikan koperasi untuk masyarakat ke bawah.
  6. Manajemen koperasi yang belum professional seperti pengurus atau anggota koperasi yang memiliki tingkat pendidikan yang rendah, kurang terampilnya pengurus dalam mengelola koperasi, pengurus koperasi kadang-kadang tidak jujur, dan kurangnya kerja sama antara pengurus, pengawas dan anggotanya sehingga kurangnya komunikasi merupakan faktor penghambat untuk kemajuan koperasi.

            Dari permasalahan yang ada seharusnya pemerintah mencari solusi untuk memajukan koperasi, seperti yang kita ketahui koperasi yang merupakan gerakan usaha ekonomi yang merakyat, saat ini harus di tuntut untuk mengikuti perkembangan zaman namun masih memegang prinsip-prinsip yang ada agar koperasi terlihat menarik oleh masyarakat sehingga masyarakat tertarik untuk berpartisipasi menjadi anggota. Selain itu dapat kita lihat bahwa dari segi kualitasnya masih terus harus diperbaiki paling tidak diperlukan daya dukung internal yang kuat yang sanggup bersaing dipasaran.

            Dapat disimpulkan koperasi saat ini masih dikategorikan berkembang, seandainya koperasi tidak ditangani dengan baik maka koperasi ke depannya akan lebih buruk keadaannya dari saat ini. Oleh karena itu, selain kita mengharapkan jalan keluar masalah ini dari pemerintah ataupun menteri koperasi ada baiknya kita perlu melibatkan peranan pemuda untuk menggerakkan koperasi yang dinilai juga sangat penting. Karena pemuda sebagai generasi kedepan mencerminkan bagaimana keadaan ekonomi nantinya.  Untuk bisa melibatkan pemuda dalam kepengurusan koperasi membutuhkan dukungan dari berbagai pihak (seperti pemerintah, dunia usaha dan pendidikan) dan daya tarik tersendiri dari koperasi karena para pemuda saat ini lebih memilih berkarir di perusahaan besar dibanding melihat potensi koperasi yang tidak menjanjikan. Oleh karena itu kita perlu merubah pola pikir dari keinginan untuk menjadi pegawai menjadi mental wirausaha. Motivasi untuk merubah tantangan dan kelemahan yang ada di koperasi menjadi peluang yang menjanjikan yang harus senantiasa disampaikan kepada para pemuda.

            Semoga di tahun 2012 dan seterusnya koperasi di Indonesia bisa lebih membaik, semakin maju,berkembang dan terarah dibanding tahun-tahun sebelumnya serta bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s