Sinyal Tubuh yang Kurang Tidur

haha, ini nih pas banget dengan yang saya alami

Pekerjaan yang menumpuk memaksa Anda menyelesaikan pekerjaan hingga tidur larut malam. Tapi berhati-hatilah dengan kebiasaan tersebut. Kekurangan tidur justru menyebabkan malapetaka baru, yaitu gangguan kesehatan.

Meskipun kini Anda belum merasakan dampaknya, tapi tubuh Anda sudah memberikan sinyal bahwa ia butuh istirahat. Berikut beberapa sinyal tubuh yang menunjukkan Anda kekurangan waktu tidur, seperti dilansir Men’s Health, Selasa (21/2).

Tidak lapar saat makan siang

Kurang tidur bisa mengakibatkan perubahan hormonal yang meningkatkan nafsu makan atau malah sebaliknya, merasa perut selalu kenyang. Hal ini terjadi karena terganggunya jam biologis yang mempengaruhi suasana hati tidak normal. Ini sebabnya mengapa ada orang-orang yang jadi gemuk atau kurus akibat kekurangan tidur.

Otak Tulalit

Membuka beberapa website dalam waktu 5 menit atau mengecek email berkali-kali padahal tak ada pesan masuk, menandakan Anda kesulitan fokus dan berkonsentrasi. Karena saat kurang tidur, sel-sel otak pun akan kurang waktu untuk regenerasi sehingga kinerjanya tidak akan maksimal dan memori kita pun akan berkurang.

Suka ‘Gak Nyambung’

Orang yang kekurangan waktu tidur biasanya kesulitan untuk konsentrasi saat berbicara dengan lawannya. Akibatnya, apa yang diomongin dengan apa tanggapannya suka ‘ngaco’.

Mengantuk Sepanjang Hari

Minuman berkafein, musik yang keras atau apapun usaha untuk membuat orang tetap terjaga hanyalah bersifat sementara dan tidak akan membuat kewaspadaan jangka panjang. Kurang tidur bisa membuat orang merasa letih dan mengantuk sepanjang hari.

Mudah Sakit

Perbaikan sistem kekebalan tubuh dapat diperkuat saat orang tidur. Kurang istirahat dapat membuat daya tahan tubuh melemah, sehingga mudah terinfeksi virus maupun bakteri. Biasanya penyakit yang paling mudah menyerang orang yang kurang tidur adalah influenza.

Yuk, tidur.

Imagesumber :

http://id.she.yahoo.com/5-sinyal-tubuh-kurang-tidur-043415359.html

Advertisements

kenapa anda susah tidur ??

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika gangguan tidur terjadi lebih dari satu bulan, ada baiknya Anda mulai memerhatikan sejumlah faktor pemicu. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin saja menyebabkan Anda menjadi ‘manusia kelelawar’ belakangan ini.

Sakit
Dalam satu studi terungkap bahwa dari sekitar 15 persen orang yang menderita penyakit kronis, setidaknya dua per tiga dari mereka dilaporkan mengalami kesulitan tidur. Sakit punggung, sakit kepala, dan masalah pada persendian menjadi penyebab utama sulit tidur.

Stres dan masalah mental
Insomnia adalah paduan dari gejala dan akibat dari depresi dan kegelisahan. Karena otak menggunakan ‘sinyal’ serupa untuk mengatur jadwal tidur dan emosi, sangat sulit untuk menentukan mana yang harus dimunculkan lebih dulu. Situasi atau kejadian yang membuat stres, seperti masalah uang atau perkawinan, sangat ampuh untuk memicu insomnia. Bahkan, bisa jadi masalah ini akan berkepanjangan.

Mengorok
Dalam sejumlah kasus, mengorok merupakan gejala dari sleep apnea, kelainan yang dikaitkan dengan penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.

Jet lag
Melintasi zona waktu bisa mengacaukan jam biologis ini. Jam inilah yang memerintahkan otak Anda tidur ketika gelap dan terbangun saat terang. Tubuh Anda baru dapat menyesuaikan dengan satu perubahan dalam tiga hari. Bila Anda kerap melintasi berbagai zona waktu, jet lag dapat menyebabkan masalah tidur.

Perubahan jam kerja
Jam kerja yang berlawanan dengan jam tidur normal. Orang yang kerap berpindah jam kerja mengalami penurunan level serotonin, hormon dan saraf pengirim yang terdapat dalam sistem saraf pusat yang membantu mengatur tidur.

Perubahan hormon
Menstruasi, menopause, dan kehamilan merupakan sumber utama masalah tidur pada perempuan. Ruam panas, masalah payudara, atau sering buang air kecil juga mengganggu pola tidur teratur. Menurut sebuah lembaga yang menangani masalah tidur, sekitar 40 persen yang mengalami masa transisi menjelang menopause kerap mengalami masalah tidur.

Masalah kesehatan
Kesulitan tidur juga dapat terkait dengan kondisi medis. Dengan penyakit paru-paru atau asma, misalnya, sesak napas dan bersin tentu saja bisa mengganggu tidur. Apalagi, bila ini terjadi saat dini hari. Bila Anda mengalami penyakit jantung, bisa saja Anda punya pola bernapas yang tidak normal. Parkinson dan penyakit saraf lain juga mencuatkan insomnia sebagai efek samping.

Obat-obatan
Obat, yang bebas atau dengan resep dokter, bisa mengganggu pola tidur. Terlebih bila Anda mengonsumsinya menjelang waktu tidur atau dosisnya berlebihan.

nah apakah kalian tahu bahwa ada akibatnya juga ketika anda sering tidur malam…

berikut ini cuplikannya…

Kebiasaan tidur malam yang buruk sering membuat Anda merasa lelah dan kesal. Selain itu, gangguan tidur malam yang buruk selama enam kali berturut-turut, juga dapat memicu timbulnya diabetes dan penyakit jantung.

Profesor Philippe Froguel dari Imperial College London mengatakan, “Kontrol gula darah adalah salah satu dari banyak proses yang diatur oleh jam biologis tubuh,” katanya, Ahad (29/1). Salah satu jam biologis tubuh adalah tidur. Terganggunya proses tidur itu akan berdampak pada kontrol gula darah.

Penelitian baru terkait kebiasaan tidur yang digelar beberapa waktu lalu menunjukkan bahwa gejala diabetes sudah muncul saat mengalami gangguan tidur selama tiga kali berturut-turut. Hasil penelitian ini dipublikasikan oleh Nature Genetics yang diberitakan Daily Mail.

Nature Genestics melakukan penelitian ini terhadap 20 ribu pekerja shift malam, dan dari hasil penelitian, terbukti untuk pekerja shift malam rentan terhadap penyakit diabetes dan penyakit jantung. Studi penelitian ini menemukan empat varian gen yang beresiko terkena diabetes maupun penyakit jantung.

sumber :

http://id.she.yahoo.com/susah-tidur-delapan-hal-inilah-penyebabnya-1-070029486.html

http://id.she.yahoo.com/susah-tidur-delapan-hal-inilah-penyebabnya-2-071419032.html

http://id.she.yahoo.com/sering-tidur-malam-picu-diabetes-dan-penyakit-jantung-072007651.html

Janji…

Haha, 2 hari ini sih sebenarnya udah cape banget, ceritanya soal kemarin otw bekasi-tangerang-depok-gereja. Hoho habis pulang gereja nemenin temen ngegalau nih alias curhat dianya, abis orang mau gereja eh dia malah habis nangis. Ya udah pas pulang kita jalan-jalan ke gramed nih, susah kalau punya temen aneh, galau malah ke gramed numpang baca buku haha. Habis tuh nongkrong deh depan kosan dia. Nah ini nih yang kita bahas, cowo ke cowo, haduhhh ribet yeee…

Intinya sih malam ini kita bahas tentang janji, eits janji maksud disini focus soal cinta yah, haha cinta ke cinta lagi yee yang gw bahas, ga ada habisnya nih…

Janji itu adalah sebuah kata yang terucap dari bibir seseorang. Wuiihh anggap lagi jatuh cinta nih, kalau orang lagi berbunga-bunga alias jatuh cinta jawabannya iya iya aje. Bisa-bisanya juga tuh pake sumpah-sumpahan segala. Eh ntar udah putus ngutuk-ngutuk deh tuh, hayooo pada ngaku deh semua pasti gitukan… kiwkiw… #gwgatermasukngutuk”.

Eits hati-hati loh sebelum buat janji mikir dulu bisa nepatin atau ga, kata orang-orang nih janji tuh utang. Lebih baik ga usah buat janji deh kalau endingnya ga bisa nepatin…

Semua orang juga akan kecewa ketika kita percaya akan janji seseorang tersebut dan ternyata diesokan harinya dengan gampang berkata “itukan dulu bukan sekarang”. Hey hati-hati loh yang namanya janji itu ga ada istilah dulu dan sekarang apalagi janji atau sumpah-sumpah bawa nama Tuhan. Cewe mana sih yang ga bakal berbunga-bunga kalau dibilang seorang pria “aku sumpah demi nama Tuhan Cuma kamu aja yang aku sayang selamanya” udah gitu pake mau nyilet-nyilet urat nadi lagi di depan pasangannya. Hayooo cewe mana yang ga bakal terlena?? Hahaha.

Nih yang mesti kalian pada tau, janji dan karma itu terikat apalagi kalau bawa-bawa nama Tuhan. Nah hati-hati loh guys, kalau mau buat janji atau sumpah-sumpahan gitu, mikir dulu deh bisa nepatin atau ga. Kalau merasa ga mampu mending ga usah ubar janji palsu. Akibatnya kalau janji atau sumpah kalian ga ditepati suatu saat karma itu akan ada untuk menyadarkan kalian. Percaya deh, so ladies ga perlu menangis deh…

Menurut saya janji ini yang lebih baik “berjanjilah untuk tetap setia meskipun kamu disakiti karena jika kamu bertahan suatu saat nanti orang tersebut akan sadar dan kalian akan bahagia dengan janji yang kalian ucapkan”. That’s right. Ok ok… 🙂

Haha, saya masih ingat seberapa banyak janji yang kau ucapkan pada saya yang tak bisa saya itung banyaknya semua, dan saya kecewa ketika janji yang kau ucapkan hanyalah angin lalu saja. It’s no problem to me, just waiting time for all.

Saya tau cukup banyak masalah yang sedang anda hadapi, tapi anda bukanlah anak kecil yang mesti dikasih tau ini itu dsb. Anda sudah cukup dewasa untuk memilih semuanya. HIDUP ITU PILIHAN !!!

Yang jelas saya tidak seburuk yang anda bayangkan…

 Image

 

aku berkata hanya Tuhan yang lebih tau semuanya akan seperti apa, lihat hasil akhir…