Menjadi karyawan (PNS) / pengusaha….?

            Banyak orang yang bingung jika disuruh pilih antara menjadi karyawan atau pengusaha, beegitu juga dengan saya. Oleh sebab itu saya akan menjelaskan sedikit terlebih dahulu mengenai seorang karyawan atau pengusaha, sebenarnya dua pilihan tersebut sama memilih untuk menjadi yang disuruh atau penyuruh.

            Karyawan itu yah kita bekerja untuk orang lain kemudian kita digaji. Memang sih gajinya sudah pasti kita dapatkan setiap bulannya apalagi menjadi seorang PNS, setiap bulan sudah dapat gaji tetap,terkadang dapat tunjangan (bonus) hari raya dll, kemudian jika udah pensiun masih dapat gaji pensiunan lagi. Menjadi karyawan itu yah kita kerja sesuai posisi yang ditempatkan, namun supaya gaji kita bertambah dan bisa naik jabatan yah kita harus bekerja keras karena setiap karyawan pasti digaji berbeda beda tergantung levelnya, bedanya bisa kita lihat antara gaji pemimpin dengan bawahan.

            Adapun menjadi seorang pengusaha kita butuh modal besar, berani mengambil keputusan, kita juga harus mempunyai mental yang kuat karena harus bersaing dengan pengusaha lainnya. Ada satu hal yang membuat orang enggan untuk menjadi pengusaha yaitu sikap takut kalau-kalau suatu usaha yang didirikannya itu mengalami bangkut atau gagal. Yah namanya juga sebuah usaha kan ga mungkin usaha yang didirikan pertama-tama bisa langsung sukses pastinya juga bertahap mulai berkembang baru maju. Namun salah satu trik nya yaitu jika mendirikan suatu usaha kita harus bisa mengikuti perkembangan zaman dan melihat prospek ke depannya serta cara memanajemennya.

            Ketika tamat kuliah nanti saya ingin menjadi karyawan terlebih dahulu karena saya ingin merasakan gimana sih rasanya jadi seorang karyawan. Selain itu juga sambil mencari dan menambah pengalaman. Yang paling penting yaitu untuk mengumpulkan modal, sambil mengumpulkan modal berfikir untuk membuka usaha apa yang akan didirikan.

            Kenapa saya bilang begitu..??

            Karena kalau saya disuruh pilih, saya tetap lebih milih jadi seorang pengusaha karena bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain dan kita juga bisa santai kerjanya tidak seperti menjadi seorang karyawan. Selain itu juga karena saya ini seorang wanita yang suatu saat nanti akan menjadi seorang ibu, saya juga ingin mempunyai waktu yang lebih untuk keluarga saya tapi bisa menghasilkan uang.

Leave a Reply

