PERANAN PEMUDA DAN MAHASISWA TERHADAP KEMAJUAN BANGSA (ERA DULU DAN SEKARANG)

Nama : TEKLA SHINTAULI LORENTINA

Kelas : 1EB12

Npm   : 27211068  

        Pemuda dan mahasiswa adalah generasi penerus bangsa yang sangat berpengaruh terhadap kemajuan bangsa. Mulai dari pelajar, mahasiswa dan yang sudah menyelesaikan pendidikannya merupakan kaum muda yang sangat diandalkan untuk mewujudkan cita-cita kehidupan bangsa kita di masa yang akan datang.

         Kaum muda Indonesia perlu membiasakan diri untuk mengerjakan apa yang seharusnya dikerjakan guna memperbaiki keadaan supaya menjadi lebih baik seperti melaksanakan tugas dan kewajiban setiap individu. Salah satu contohnya yaitu belajar dengan sungguh-sungguh baik di SD, SMP, SMA, PTN/PTS supaya kelak bisa menjadi pemimpin yang baik dan berguna untuk masyarakat banyak.

          Perjuangan pemuda dan mahasiswa di Indonesia pada era dulu dan sekarang sangat jauh berbeda yang bisa kita lihat dengan mata kita sendiri.

ERA DULU

          Peran penting pemuda telah tercatat mulai dari tahun 1908 dengan berdirinya pergerakan Budi Utomo. Lahirnya sumpah pemuda tahun 1928 dijadikan dasar untuk membangkitkan rasa nasionalisme pemuda-pemudi Indonesia untuk bersatu, namanya saja sumpah pemuda berarti kaum muda yang ikut ambil peran dalam meraih kemerdekaan, adapun isi sumpah pemuda tersebut yaitu

  1. Kami putra dan putri Indonesia mengaku, bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
  2. Kami putra dan putri Indonesia mengaku, berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
  3. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan Bahasa Indonesia

            Masih ingatkah kita ketika Bung Karno berkata “Berikan Aku 10 Pemuda maka akan Kugoncangkan Dunia”

         Atas desakan para pemuda Indonesia pula, Bung Karno dan Bung Hatta memproklamasikan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Pada tahun 1965 berkat perjuangan pemuda dengan aksi TriTura (tiga tuntutan rakyat) meruntuhkan kekuasaan orde lama. Pergerakan pemuda dan mahasiswa berlanjut pada tahun 1966 saat masa revolusi dimana pada waktu itu Indonesia akan dirubah menjadi ideologi Komunis dimana ideologi tersebut tidak cocok di Indonesia.

         Pada tahun 1998 pergerakan pemuda dan mahasiswa meruntuhkan kekuasaan Orde Baru selama 32 tahun dan mendobrak ketidakadilan sistem politik dan ekonomi sekaligus membawa kita ke era reformasi. Pada tahun 1999 peran pemuda Indonesia sangat penting dalam menumbangkan rezim Suharto dimana yang telah kita ketahui adanya peristiwa trisakti dan semangi yang mengorbankan 4 orang mahasiswa karena ditembak polisi.

ERA SEKARANG

        Pada zaman sekarang yang sudah maju dengan kemajuan teknologi membuat para pemuda kurang peduli dengan kondisi disekelilingnya serta persoalan bangsa bahkan cenderung terpecah belah dan bersikap sangat individualistis seperti yang bisa kita saksikan, banyak sekali para pemuda yang ikut tawuran hanya karena masalah saling ejek bahkan masalah sepele pun dijadikan kehancuran. Sikap mereka tersebut telah menghancurkan semangat sumpah pemuda yang sudah diperjuangan sangat sulit oleh para pemuda di era dulu.

         Masalah pemuda masa kini antara lain emosi yang tidak terkendali, egois, kurang peduli dengan lingkungan. Para pemuda zaman sekarang banyak yang menjerumuskan dirinya sendiri kedalam narkoba, hura-hura, minum-minum di diskotik, pesta pora, serta seks bebas bahkan meniru gaya kebarat-baratan, hal  tersebut sungguh memprihatinkan. Bisa digambarkan banyak orang yang lebih bersifat konsumerisme bahkan banyak pemuda dan kalangan masyarakat yang lebih banyak menggunakan produk asing bukan produk dalam negeri seharusnya kita sadar sebagai pemuda bahwa kita sedang dijajah dengan bangsa lain namun tidak dengan cara seperti era dulu melainkan dengan cara halus melalui produk-produk asing yang banyak dipakai.

        Pemuda saat ini terkesan ideologis, pragmatis, materialistis dan anarkis. Aksi dan pergerakannya kurang fokus, tidak memiliki visi bersama, bahkan terkotak-kotak. Hal ini terjadi karena tidak adanya arahan yang jelas ataupun kepedulian terhadap nasib bangsa. Salah satu contonya yaitu para pemuda yang berdemo dengan cara yang anarkis merusak fasilitas yang ada, tahukah kalian membangun fasilitas tersebut uangnya berasal dari rakyat sehingga menimbulkan kerugian.

        Namun hanya ada sebagian kecil pemuda dan mahasiswa yang berjuang untuk mengharumkan nama bangsa melalui bidang pendidikan, olahraga, teknologi, perdamaian, seni dan lain-lain. Bisa kita lihat dibidang olahraga seperti Taufik Hidayat, atlet bulutangkis Indonesia yang telah menorehkan sejarah tingkat dunia. Bidang pendidikan seperti adanya pertukaran pelajar, prestasi-prestasi olimpiade yang telah diraih pemuda-pemuda dan mahasiswa yang mengharumkan nama Indonesia diluar negeri.

Kesimpulan : Fakta sejarah diatas telah menjadi bukti bahwa pemuda dan mahasiswa sangat berperan penting dalam menyumbangkan pikiran, konsep serta partisipasi dalam proses perjuangan, pembaruan dan kemajuan bangsa. Pemuda saat ini sangat dikhawatirkan karena mulai melupakan semangat sumpah pemuda yang sudah banyak diperjuangkan oleh kaum muda era dulu. Hal ini akan berakibat pada hilangnya rasa nasionalisme yang berarti hilangnya kecintaan terhadap bangsa dan negara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s