Strategi Belajar di Perguruan Tinggi

            Seorang manusia menempuh pendidikannya mulai dari tahap taman kanak-kanak (TK) – sekolah dasar (SD) – sekolah menengah pertama (SMP) – sekolah menengah atas (SMA) – perguruan tinggi baik swasta maupun negeri. Pada tahap di perguruan tinggi inilah hal yang sulit jika kita tidak mengatur cara ataupun strategi belajar yang baik dikarenakan inilah tahap terakhir seseorang untuk menjadi seorang yang sukses dibidangnya masing-masing atau mencapai karier yang diingikan.

            Cara belajar diperguruan tinggi sangatlah berbeda dengan cara belajar ditingkat pendidikan sebelumnya seperti SMA/SMK dimana cara belajarnya masih dibimbing secara langsung oleh para guru sedangkan di perguruan tinggi lebih bersifat mandiri. Oleh karena itu jika para mahasiswa tidak dapat menyesuaikan diri dalam belajar, maka kemungkinan besar mahasiswa tersebut bisa gagal untuk sarjana sesuai program studi yang telah ditentukan waktunya. Jikapun lulus dalam jangka waktu yang lama melewati jangka waktu program studi yang telah ditentukan. Misalnya tamatan S1 lulus minimal dalam waktu 4 tahun tapi mereka lulus di atas 4 tahun.           

            Keberhasilan seorang mahasiswa menyelesaikan studi di perguruan tinggi merupakan impian tersendiri bagi mahasiswa tersebut dan orang tua. Namun dalam mencapai kesuksesan tersebut bukanlah mudah bahkan kita akan menemui kendala jika kita tidak mempunyai strategi belajar yang baik.

Adapun strategi belajar yang baik di perguruan tinggi antara lain :

  1. Pusatkan dalam fikiran anda hal yang positif,

karena segala sesuatu yang berjalan dengan baik adalah dengan berfikiran positif dan jauhkanlah hal yang negatif.

  1. Tetapkan tujuan anda ke depan(cita-cita)

seperti setelah saya tamat saya ingin bekerja di bank, diperkantoran, dll. Sehingga selama anda menempuh perkuliahan, anda bisa bersemangat untuk mencapai cita cita tersebut dan memikirkan cara terbaik untuk mencapai impian tersebut.

  1. Menyusun jadwal kegiatan sehari-hari.

Dengan anda menyusun jadwal tersebut, anda bisa mengatur waktu untuk belajar yang optimal, refreshing, dll. Selain itu juga supaya bisa mengfokuskan pikiran dalam melaksanakan proses belajar dan kegiatan pribadi lainnya

  1. Manfaatkan waktu sebaik mungkin.

Mengatur waktu adalah hal yang sulit menurut para mahasiswa namun jika kita bisa memanfaatkan waktu lebih baik maka semua tugas bisa di selesaikan dengan baik begitu juga dengan aktivitas pribadi.

  1. Mengikuti proses perkuliahan.

Poin ini adalah hal yang paling penting dalam mencapai prestasi akademik yang baik.
adapun strateginya yaitu

  • Minimal 75% hadir dalam mengkuti proses perkuliahan tatap muka sehari hari, jika bisa 100% hadir didalam perkuliahan lebih baik
  • Datang tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan karena jika anda terlambat anda kehilangan sebagian ilmu yang di ajarkan dosen yang bisa bisa membuat anda menjadi ketinggalan dalam memahami materi perkuliahan tersebut.
  • Berpakaian sopan dan rapi ketika sedang berlangsung proses belajar mengajar, karena setiap dosen akan senang terhadap mahasiswa tersebut jika berpakaian rapi dan sopan
  • Jalinlah hubungan yang baik dengan dosen pembimbing anda seperti saat berkomunikasi yang baik dan bersikap yang baik
  • Pilihlah tempat duduk yang sesuai supaya tidak menghalangi penglihatan anda saat penyampain materi yang menggunakan slide OHP, maupun pendengaran anda ketika dosen menerangkan sebuah materi.
  • Fokuskan pikiran anda saat proses belajar sedang berlangsung agar materi perkuliahan dapat kita pahami.
  • Jangan berbicara ketika dosen menerangkan karena itu sangat merugikan bagi anda dalam pemahaman materi.
  • Mencatat materi yang di anggap penting, terkadang ada dosen yang berbicara cepat tanpa memberikan waktu kepada mahasiswanya untuk mencatat. Oleh karena itu buat catatan yang menurut anda penting dikertas buram ataupun binder, menggunakan bahasa sendiri, mempercepat tulisan (menggunakan singkatan yang dapat dipahami) supaya tidak ketinggalan.
  • Menyalin kembali setiba dirumah catatan yang tidak rapi tersebut dikarenakan mencatat cepat poin-poin penting yang dijelaskan dosen
  • Bertanya kepada dosen jika ada materi yang kurang mengerti serta menjawab pertanyaan yang diberikan dosen
  • Jauhkan diri dari segala gangguan yang menggangu konsentrasi belajar.

 

  1. Terapkan kebiasaan belajar yang efektif

Ketika pulang kampus, ulanglah kembali pelajaran yang telah diterangkan dosen untuk menambah pemahaman terhadap materi tersebut. Dan kerjakan tugas yang diberikan dosen. Jika ada materi yang memang sulit anda pahami mintalah bantuan kepada teman anda yang sudah memahami materi tersebut untuk mengajarkan kepada anda supaya mengerti.

  1. Jaga kesehatan anda.

Hal ini adalah yang paling penting, karena jika anda sehat segala aktivitas sehari-hari dapat diselesaikan dengan baik. Jika anda kelelahan atau jenuh dalam belajar, istirahatlah sebentar untuk merilekskan fikiran anda. Jangan terlalu memaksakan diri untuk belajar supaya kesehatan tidak terganggu.

Sekian dari pendapat saya mengenai strategi belajar di perguruan tinggi, karena cara tersebut sudah saya lakukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s