Sejarah dan Perkembangan Komputer

Hy guys, aku mau jelasin soal sejarah dan perkembangan komputer, sebenarnya sih udah pada sering yah dibahas, tapi mau ngulang secara singkat aja kali yah. Di mulai dari :

  1. Definisi komputer

Kalau pengertiannya kayaknya udah pada sering dengar yah, komputer itu berasal dari kata “to compute” yang berarti menghitung. Jadi komputer bisa kita sebut sebagai mesin hitung. Namun saat ini komputer diartikan sebagai peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa bagian yang disebut komponen. Dimana komponen-komponen tersebut dapat berkerja sama satu dengan yang lain untuk menghasilkan informasi berdasarkan program dan data yang ada. Selain itu sebagai alat hitung dengan konstruksi yang mempunyai tempat penyimpanan internal.

    2. Perkembangan Komputer, wah ini nih yang agak panjang pembahasan aslinya, tapi diulas secara ringkas  aja ya.

  • Generasi Pertama

         Komputer generasi pertama masih terbatas untuk mengerjakan suatu tugas tertentu. Setiap komputer mempunyai kode biner yang di sebut “bahasa mesin”. Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.

Ciri-ciri lainnya :

  1. Penggunaan vacum tube (ukuran sangat besar dan memerlukan ruangan yang luas).
  2. silinder magnetik untuk menyimpan data.
  3. Sifat komponennya banyak mengeluarkan panas.
  4. Proses dan kapasitas masih kecil dan sangat terbatas.
  5. Contoh Komputer generasi pertama IBM-650, UNIVAC, RCA, BURROUGHS, HONEYWELL, dll.
  •  Generasi Kedua

          Semenjak ditemukannya “transistor” (pengembangan memori inti-magnetik) mempengaruhi perkembangan komputer.

Ciri-cirinya :

  1. Pengembangan komputer yang lebih kecil
  2. Kecepatan lebih cepat dalam mengolah data
  3. Lebih hemat energi
  4. Tidak banyak panas
  5. Kapasitas memori yang semakin besar
  6. Program dan bahasa pemrograman memberikan fleksibilitas kepada computer (meningkatkan kinerja bagi penggunaan bisnis dengan mencetak faktur pembelian konsumen serta menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji)
  7. Bermunculan bahasa pemrograman seperti Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) yang  menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia.
  8. Berbagai macam karier baru pun bermunculan (programmer, analis analis sistem, dan ahli sistem komputer) serta Industri piranti lunak juga.
  9. Komputer ini mengenal Teleprocessing (proses data jauh antara computer yang satu dengan yang lain). Contoh komputerny adalah IBM Model 1620, IBM 1401, dll.
  •  Generasi Ketiga

          Kemajuan teknologi terus berkembang hingga orang bisa menemukan suatu komponen yang lebih kecil berupa solid logic technologie dan monolithic integrated circuit. Dimana Integrated Circuit mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.

          Ciri-ciri lainnya sistem operasi (operating system) yang menjalankan berbagai program berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer, kapasitas memori sangat besar dan proses bisa dilakukan dengan cepat dan tepat. Contoh komputernya adalah IBM S/370 dan UNIVAC 1160.

  •  Generasi Keempat

          Komputer generasi keempat mengeluarkan Large Scale Integration (LSI), Very Large Scale Integration (VLSI), Ultra-Large Scale Integration (ULSI) yang mendorong turunnya harga dan ukuran computer, meningkatkan daya kerja, efisiensi. Contohnya Chip Intel 4004 dengan kemajuan IC, dulunya IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik namun saat ini sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan seperti piranti rumah tangga (microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection). Selain itu dengan menggunakan perkabelan langsung (local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar. Komputer generasi keempat dibuat dengan rangkaian terpadu bertingkat tinggi (misalnya IBM 3081 dan Fujitsu M380).

  •  Generasi kelima

         Pada generasi kelima banyak kemajuan yang sudah tercapai, salah satu contohnya adalah komputer fiksi HAL 9000 yang menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI). Selain itu juga mempunyai kemampuan untuk melakukan percakapan dengan manusia, kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah 1kemampuan pemrosesan paralel, menggantikan model non Neumann yang digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak 2teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

       Jepang dan Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak yang bilang bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi menyatakan keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.

sumber :

 http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer

http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengenalan_komputer/Bab_1.pdf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s